IHK Gabungan Dua Kota di Sumbar Kembali Alami Inflasi di Juni 2022

Rabu, 06 Juli 2022, 23:42 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
IHK Gabungan Dua Kota di Sumbar Kembali Alami Inflasi di Juni 2022
Infografis.

Curah hujan yang tinggi juga tercatat menyebabkan penurunan kualitas bawang merah serta meningkatnya kendala pengeringan hasil panen.

Komoditas ikan-ikanan mengalami kenaikan harga terutama disebabkan oleh keterbatasan pasokan ikan dari nelayan akibat cuaca yang kurang baik. Di sisi lain, komoditas daging ayam ras, jengkol, dan minyak goreng menahan laju inflasi pada kelompok ini dengan nilai deflasi masing-masing sebesar -0,22%; -0,05%; -0,04% (mtm).

Deflasi pada komoditas daging ayam ras tercatat disebabkan oleh kembali normalnya permintaan setelah periode Hari Raya Idul Fitri. Komoditas jengkol mengalami deflasi akibat masih melimpahnya pasokan di tengah permintaan yang relatif stabil pada komoditas tersebut.

Baca juga: BI Sumbar Optimistis, Tingkat Inflasi 2023 Menurun

Adapun deflasi pada komoditas minyak goreng selain disebabkan oleh kembali normalnya permintaan dan penurunan harga TBS Sawit di tingkat petani.

Kelompok transportasi tercatat mengalami deflasi pada Juni 2022 dengan nilai deflasi sebesar -0,99% (mtm) dan andil sebesar -0,14% (mtm). Deflasi kelompok transportasi sejalan dengan penurunan tarif angkutan udara dan kendaraan carter/rental dengan nilai andil deflasi masing-masing sebesar -0,08% dan -0,05% (mtm).

Angkutan udara dan kendaraan rental mengalami deflasi disebabkan oleh penurunan harga akibat kembali normalnya permintaan pasca HBKN Idul Fitri 1443H.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Barat, secara aktif melakukan berbagai langkah pengendalian inflasi daerah di Sumatera Barat dalam rangka menjaga inflasi yang rendah dan terkendali di tengah momentum pemulihan ekonomi.

Menindaklanjuti realisasi inflasi Sumatera Barat yang tercatat cukup tinggi dibandingkan provinsi lainnya di Sumatera, TPID Provinsi Sumatera Barat bersama TPID Kabupaten/Kota secara terus menerus melakukan koordinasi pengendalian inflasi melalui berbagai kegiatan. (vri)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: