Percepatan Transformasi Digital di Sumbar, Peserta DLA Diminta Paparkan Rencana Aksi

Selasa, 30 April 2024, 23:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Percepatan Transformasi Digital di Sumbar, Peserta DLA Diminta Paparkan Rencana Aksi
Tim penguji tengah mengupas rencana aksi percepatan transformasi digital di Sumatera Barat yang ditawarkan salah seorang pimpinan tinggi pratama Pemprov Sumbar, Senin. (humas)

JAKARTA (29/4/2024) - Peserta pelatihan Digital Leadership Academy (DLA), paparkan rencana aksi percepatan transformasi digital di Sumatera Barat. Rencana aksi ini merupakan tugas akhir DLA.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar, Desniarti menyebutkan, dalam seminar rencana aksi, peserta dibagi ke dalam sembilan kelompok.

"Masing-masingya diuji oleh para guru besar dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) serta dari beberapa perguruan tinggi," ungkap Desniarti.

DLA ini diikuti sejumlah Pejabat Tinggi Pratama di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dan beberapa pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Baca juga: Sekdaprov Sumbar Ajak Masyarakat Doakan Brigjen TNI (Purn) HA Nazri Adlani

Tema-tema yang diangkat Pejabat Eselon II dari Sumbar, terang Desniarti, disesuaikan dengan isu aktual dalam pembangunan di Sumbar.

Antara lain seputar e-katalog, Ekonomi Digital, Pengembangan Aplikasi Sistem Berbasis Elektronik (SBE), Manajemen Talenta ASN, Early Warning System Inklusi, Digitalisasi Pengawasan dan Penegakan Perda, Desain Sistem Manajemen Data Stunting, Smart City, Smart Farming, Satu Data UMKM hingga Smart Village.

Sesuai dengan tekad para peserta, sambungnya, para penguji menyarankan agar rencana aksi yang telah disusun dan diseminarkan tersebut kemudian dapat diimplementasikan atau ditindaklanjuti pelaksanaanya di lingkungan kerja Pemerintah Daerah (Pemda) masing-masing.

"Rencana aksi yang disusun ini, betul-betul konkrit mengatasi permasalahan yang ada di daerah masing-masing, terutama sekali di Sumbar bagi peserta asal Sumbar," terang Desniarti.

Baca juga: Dulunya Terbukti Membayar, Kini 8 Aplikasi Penghasil Uang Ini Tidak Direkomendasikan?

"Oleh karenanya, kesesuaian tema sangat diperhatikan, dengan tujuan menemukan solusi dan cara untuk mempercepat proses transformasi digital di Sumbar," tutup dia. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: