Manfaatkan Teknologi untuk Membangun Jejaring

Rabu, 15 Juni 2022, 18:07 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Manfaatkan Teknologi untuk Membangun Jejaring
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy memberikan arahan pada pelatihan yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga sektor usaha perdagangan dan industri kecil menengah berbasis ekonomi digital di Padang, Selasa. (humas)

PADANG (14/6/2022) - Wakil Gubernur, Audy Joinaldy berharap, wirausahawan muda dapat memperluas pola pikir entrepreneurship dan membangun network dengan sesama pewirausaha. Jika dibandingkan dengan lima negara utama di ASEAN, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk berpengusaha paling kecil di angka 2-2,5 persen.

Mengutip pernyataan mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, Audy mengatakan, Indonesia butuh setidaknya 3-4 persen penduduk yang berwirausaha, untuk dapat membangun perekonomian nasional yang tangguh.

"Anak-anak muda sekarang, manfaatkan teknologi, bergaul lah dengan luas, bangun network sebagai modal berwirausaha. Salah satu point penting dalam entrepreneurship adalah networking. Sekarang dengan adanya media sosial, membangun network jadi jauh lebih mudah," ungkap Audy saat membuka kegiatan pelatihan yang ketujuh kalinya di 2022 itu.

Pelatihan ini, dalam rangka mewujudkan 100 ribu millennial dan woman entrepreneur serta ekonomi kreatif di Sumatera Barat. Pelatihan ini digelar Dinas Pemuda dan Olahraga sektor usaha perdagangan dan industri kecil menengah berbasis ekonomi digital. Pelatihan ini diikuti ratusan pengusaha muda dari berbagai latar belakang usaha.

Baca juga: ORDA Sumbar Gelar SES di Pantai Ujung Batu, Sepakati Gelar Bakti Sosial di Daerah Terdampak Bencana

Pelatihan kewirausahaan ini dilaksanakan secara bertahap dengan tema usaha yang berbeda-beda. Pelatihan angkatan ke-7 yang dilaksankan di Padang, Selasa kali ini, secara khusus mengundang wirausahawan yang bergerak di bidang kuliner.

Melalui pelatihan tersebut, Wagub Ia juga mencicipi beberapa produk usaha kuliner yang diproduksi oleh para peserta pelatihan.

Salah satunya, Sherly, peserta pemilik usaha Karupuak Baguak Chips. Buah rajin men-tag akun instagram @joinaldy di media sosial dan menjuarai Entrepreneur Success Challenge Sumbar (@mec_sumbar) yang diadakan Wagub, usahanya dipromosikan ke beberapa public figure seperti Raffi Ahmad dan Irfan Hakim oleh orang nomor dua di Sumbar itu.

"Ini keren, produknya pernah saya bawain ke Raffi Ahmad dan Irfan Hakim. Saya kirim, di-repost-repost juga. Awalnya dulu ikut ESC yang kita adakan," kata Audy.

Baca juga: Halal Bihalal bersama IKTD Riau, Wagub Sumbar Paparkan Progres Jalan Tol Pekanbaru-Padang

Ada pula Rahmi, seorang mahasiswi peserta pelatihan memamerkan salah satu produk cemilan yang ia produksi di Dharmasraya pada Wagub. Idenya sederhana saja, dari cemilan rumahan yang biasa dibuatkan orang tuanya di rumah, kini ia branding untuk bisa dipasarkan dan dikembangkan menjadi beberapa varian makanan ringan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: