Liputan Khusus: Padang Panjang Dicanangkan jadi Kota Statistik dan Kelurahan Cantik 2023

Senin, 13 Juni 2022, 19:56 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Liputan Khusus: Padang Panjang Dicanangkan jadi Kota Statistik dan Kelurahan Cantik 2023
Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Imam Machdi menerima cenderamata dari Wako Padang Panjang, Fadly Amran usai pencanangan Kota Statistik dan Kelurahan Cinta Statistik (Kelurahan Cantik) tahun 2023, di hall ba

Kukuhkan PPID, Bakohumas dan Wali Data

Guna menguatkan peranan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kota Padang Panjang, petugas PPID Pelaksana, Bakohumas, dan Wali Data resmi dikukuhkan.

Pengukuhan dilakukan Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dalam kegiatan Sosialisasi dan Pencanangan Kota Statistik dan Kelurahan Cantik, Senin (13/6) di Hall Lantai III Balai Kota.

Dengan dikukuhkannya petugas administrasi PPID Pelaksana, Bakohumas, dan Wali data yang terdiri perwakilan setiap organisasi perangkat daerah (OPD) ini, Fadly berharap, lebih terbukanya informasi publik di Kota Padang Panjang.

Setiap kegiatan yang di gelar OPD dapat terpublikasi dan terorganisir dengan baik, serta data di setiap OPD dapat tersaji dengan akurat dan transparan.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informastika (Kominfo), Ampera Salim mengatakan, seiring Kota Padang Panjang telah ditetapkan sebagai Kota Informatif oleh Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat pada akhir 2021 lalu, penting bagi setiap OPD untuk memberikan informasi kepada masyarakat, selagi informasi tersebut tidak rahasia dan boleh dipublikasikan.

Petugas ini, katanya, akan merangkum tiga kinerja tersebut dan mereka harus bisa melayani dengan baik apabila ada orang datang menanyakan informasi di OPD.

"Petugas ini diminta harus cakap dalam berbicara, bisa melayani dengan baik dan tidak menyakiti hati seseorang yang bertanya ke OPD," tuturnya.

Miliki Banyak Potensi

Sebagai kota kecil, Padang Panjang memiliki banyak potensi. Salah satunya Padang Panjang terkenal dengan kota pendidikan, kota literasi, smart city, kota informatif, memiliki pelayanan informasi IT (Command Center-red) serta membangun inovasi berbasis IT untuk meningkatkan pelayanan publik.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: