Pedagang di 3 Pasar di Padang SIAP QRIS

Jumat, 22 April 2022, 22:38 WIB | Bisnis | Kota Padang
Pedagang di 3 Pasar di Padang SIAP QRIS
Kepala Perwakilan BI Sumatera Barat, Wahyu Purnama Bersama Pj Sekda Padang, Fitriati dan jajaran, meluncurkan Pasar SIAP QRIS di Pasar Raya Padang, Jumat siang. (vebi riki yanto)

"Dalam rangka menyukseskan implementasi program Pasar S.I.A.P QRIS, BI menyalurkan penguat jaringan komunikasi (wi-fi), sarana prasarana pendukung dan media publikasi untuk dimanfaatkan di pasar," ungkapnya.

PSBI itu diserahkan pada asosiasi Pasar Raya, Pasar Nanggalo dan Pasar Lubuk Buaya.

"Kami harap hal tersebut dapat dioptimalkan dengan baik untuk mendukung pelaksanaan transaksi di pasar dan mendorong perekonomian di pasar Rakyat khususnya di tiga pasar ini," terangnya.

Baca juga: BI dan Pemprov Sumbar Gelar Minang CrEFt 2022, Ini Targetnya

Transaksi ekonomi dan keuangan digital telah berkembang pesat seiring dengan perluasan dan kemudahan sistem pembayaran digital serta akselerasi digital banking.

Pada Februari 2022, nilai transaksi uang elektronik (UE) tumbuh 41,35% (yoy) mencapai Rp27,1 triliun dan nilai transaksi digital banking meningkat 46,53% (yoy) menjadi Rp3.732,8 triliun.

Peningkatan digital banking itu, diperkuat perluasan QRIS yang mencapai sebanyak 16,4 juta merchant se-Indonesia, sementara di Sumatera Barat tercatat 257.613 merchant pada Maret 2022.

Kemudian, dipicu digital payment yang sebanyak 14,9 juta pengguna se-Indonesia, sementara di Sumatera Barat sebanyak 109.666 pengguna (data periode Januari 2022). (vri)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: