Peluncuran Gernas BBI: Los Lambuang Ditetapkan jadi Zona Khas, Ini Kata Erman: Safar

Rabu, 13 April 2022, 09:27 WIB | Kuliner | Kota Bukittinggi
Peluncuran Gernas BBI: Los Lambuang Ditetapkan jadi Zona Khas, Ini Kata Erman: Safar
Wako Bukittinggi, Erman Safar menerima bantuan CSR dari Dirut BNI untuk mewujudkan Los Lambuang sebaga Zona Khas dipeluncuran Gernas BBI Sumatera Barat di Pelataran Jam Gadang, Selasa sore.

Teknologi digital, terangnya, telah begitu berpengaruh termasuk dalam merumuskan taktik mempromosikan produk UMKM.

"Kita tidak punya pilihan selain terus meningkatkan kekuatan dan literasi digital bangsa kita. Berbagai tantangan digitalisasi harus kita jawab dengan aksi," tegasnya.

"Saya mengapresiasi terobosan pemimpin daerah untuk memacu pertumbuhan ekonomi digital di daerahnya, termasuk di Sumatera Barat," tambah Wapres KH Ma'ruf Amin.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Tingkat Hunian Hotel Naik 100 Persen

Selain itu, Wapres KH Ma'ruf Amin mengakui, kebutuhan internet saat ini, samahalnya dengan kebutuhan pasokan listrik di masa lalu. Peningkatan infrastruktur digital ini, menurut Wapres, akan membuat Indonesia makin memiliki daya saing global.

"Sumbar saat ini berada di peringkat ke-9 daya saing digital, Naik tiga peringkat dibanding tahun sebelumnya. Terbaik kedua se-Sumatera. Kita terus mendorong produk lokal khususnya UMKM, jadi tuan rumah mengalahkan konsumsi produk impor bahkan siap ekspor," harap Wapres.

Dikatakan, Sumbar merupakan sentra UMKM. Terdapat lebih dari 600 ribu unit UMKM, menopang sekitar 89 persen perekonomian di Sumatera Barat.

"Melalui Gernas BBI ini, diharapkan akan semakin membangkitkan gairah dan rasa bangga masyarkat dalam menggunakan produk lokal," tukasnya.

"Ada istilah sekarang ini, tinggal di desa, rezkinya kota dan bisnisnya mendunia. Dengan bantuan teknologi yang terus dikembangkan, tentu akan menarik anak muda kita tetap berbisnis di kampung halaman," tambah KH Ma'ruf Amien.

Dikesempatan itu, KH Ma'ruf Amin juga mengungkapkan potensi kuliner Rendang yang telah dinobatkan sebagai kuliner terlezat di dunia. Mengalahkan puluhan kuliner dari negara lain di dunia.

"Kuliner Sumatera Barat adalah kekuatan yang telah memenuhi trend ekowisata khususnya wisata kuliner. Terlebih, ada adagium yang menyatakan, kuliner Sumatera Barat itu tidak ada yang enak. Yang ada itu enak sekali," tegasnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: