Baru Kembali dari Bogor dan Jakarta: 5 Anggota Rombongan SMKN 1 Padang Panjang Probable Omicron

Minggu, 06 Februari 2022, 18:40 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Baru Kembali dari Bogor dan Jakarta: 5 Anggota Rombongan SMKN 1 Padang Panjang Probable...
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr Faizah. (kominfo)

PADANG PANJANG (5/2/2022) - Setelah sempat beberapa bulan nihil angka kasus positif Covid-19, baru-baru ini kasus Covid19 muncul di Kota Padang Panjang. Tercatat, ada tiga kasus baru dan semuanya probable varian omicron.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr Faizah menyebutkan, temuan kasus Covid-19 itu merupakan kasus positif Covid-19 yang terdeteksi dalam sepekan terakhir yaitu sebanyak tiga kasus. Ketiganya lalu menjalani pemeriksaan lanjutan dengan menggunakan reagen khusus.

Dikatakan dr Faizah, pihak labor akan mengurai komponen sampel dan dibandingkan dengan database untuk dipastikan apakah ketiga probable tersebut varian Omicron atau bukan.

"Sampai sekarang statusnya disebut probable. Kepastiannya kita akan tunggu hasil pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) yang kurang lebih hasilnya tiga sampai empat hari ke depan. Jadi, sampai sekarang statusnya disebut probable," kata Faizah, Sabtu.

Baca juga: Ini Cara Membedakan Batuk Pilek dan Omicron serta Biaya Tes PCR dan Antigen

Faizah memaparkan, hasil pemeriksaan Senin (31/1/2022) lalu, sejumlah siswa dan guru dari SMKN 1 baru pulang dari Jakarta-Bogor. Sebelum ikut belajar, diwajibkan oleh kepala sekolah untuk rapid antigen yang dilakukan tenaga kesehatan di Puskesmas Koto Katik.

Dari 29 orang yang rapid antigen, didapat lima positif. Saat itu juga langsung dilakukan PCR (polymerase chain reaction) swab test.

"Hasilnya kita dapatkan Selasa (1/2/2022). Kelimanya positif. Dari 5 orang ini ternyata yang domisili Padang Panjang dua orang dan tiga warga Kabuapten Tanah Datar," ungkap dia.

"Hari itu juga, pihak sekolah diminta untuk mengumpulkan lagi anak-anak dan guru yang 24 orang untuk diswab PCR hari Rabu," urainya.

Baca juga: ISHG Menguat Dipicu Penanganan Covid19 Varian Omicron Terkendali

Ditambahkannya, untuk bisa menentukan variannya, laboratorium Unand melakukan pemeriksaan khusus dan Rabu (2/2/2022) pagi, keluar hasil kelimanya probable Omicron. Hasil swab PCR pada Rabu, keluar Kamis (3/2/2022) dengan hasil satu orang positif warga Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: