Pabrik Seng Polyguna akan Diubah Fungsi jadi Fabriek Bloc, Seperti ini Rencananya

Kamis, 13 Januari 2022, 10:42 WIB | Bisnis | Kota Padang
Pabrik Seng Polyguna akan Diubah Fungsi jadi Fabriek Bloc, Seperti ini Rencananya
Direktur Fabriek Bloc sekaligus pemilik lahan, Edward Kusma menjelaskan desain ulang pabrik seng jadi Fabrieck Bloc pada Wako Padang, Hendri Septa, Rabu. (humas)

"Kita dari Pemko Padang dengan tangan terbuka siap bersinergi dan berkolaborasi dalam membangun ekosistem kreatif nantinya," tambah Hendri.

"Pemeri sebagai bagian multistakholder (berbagai pihak dengan tangan terbuka siap berkolaborasi dalam membangun ekosistem kreatif kota nan berkelanjutan," tukas dia.

Sementara itu, Handoko Hendroyono mengatakan, Fabriek Bloc di Kota Padang ini merupakan lokasi pertama di pulau Sumatera sekaligus yang keempat setelah sebelumnya hadir M Bloc Space (Blok M), Pos Bloc Jakarta (Pasar Baru) dan JNM Bloc (Yogyakarta).

Baca juga: Program Semata Masuki Tahun Keempat, Hendri Septa; Anggaran Bedah Rumah Naik jadi Rp40 Juta

Fabriek Bloc ini, terangnya, merupakan proyek cipta ruang (placemaking) hasil kolaborasi antara PT Radar Ruang Riang dengan pihak swasta (PT Tropical Multi Co) yang kemudian melebur dalam PT Ruang Fabriek Kreatif dan menjadi bagian dari unit usaha M Bloc Group.

"Fabriek Bloc ini akan menjadi ruang kreatif publik untuk berbagai acara seni, budaya, hiburan, niaga, sekaligus lab inkubator talenta lokal, hingga pemberdayaan bisnis UKM/UMKM yang terkurasi," terangnya.

"Di dalam area Fabriek Bloc ini nantinya akan terdapat berbagai tenant F&B dan Non-F&B dari UKM/UMKM dan M.Bloc Market (toko kelontong aneka produk UKM terkurasi). Selanjutnya ruang pertunjukan (Fabriek Bloc Live House) berkapasitas 700 orang, ruang pamer, hingga ampiteater untuk kegiatan berbagai komunitas kreatif lainnya," tambah Handoko.

Ia melanjutkan, kehadiran Fabriek Bloc di Padang memiliki misi yang konkrit yang intinya memperkuat ekosistem kekuatan kreatif lokal dengan para pemangku kepentingan yang akan saling memberdayakan.

"Kolaborasi adalah kuncinya. Fabriek Bloc boleh beralih fungsi namun mesin kreatif harus terus menyala dimana-mana," sambung dia.

Direktur Fabriek Bloc sekaligus pemilik lahan, Edward Kusma juga mengharapkan kehadiran Fabriek Bloc itu dapat berkontribusi menjadi wadah kegiatan anak-anak muda yang positif demi kemajuan kota Padang dan Sumbar pada umumnya.

"Pengembangan Fabriek Bloc akan dilakukan secara bertahap nantinya. Tahap Pertama yang terdiri dari ampiteater, gerai tenant dan M.Bloc Market yang rencananya akan diresmikan sekitar April 2022."

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: