Ratusan Pelajar SMP dan Warga Padang Panjang Divaksinasi di Tiga Lokasi

Minggu, 19 September 2021, 18:22 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Ratusan Pelajar SMP dan Warga Padang Panjang Divaksinasi di Tiga Lokasi
Seorang siswa tengah diperiksa tekanan darahnya jelang mengikuti vaksinasi kelompok pelajar yang digelar Padang Panjang, Sabtu pagi. (kominfo)

PADANG PANJANG (18/9/2021) - Pemerintah Kota Padang Panjang terus menggenjot program percepatan vaksinasi Covid19, tak terkecuali bagi kelompok pelajar. Pada Sabtu pagi, sebanyak 40 pelajar SMPN 4 dan 130 pelajar SMPN 3, mengikuti vaksinasi di sekolah masing-masing.

Kepala SMPN 4, Leli Suarni mengatakan, vaksinasi hari ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di sekolahnya. "Awalnya cuma sedikit murid yang mendaftar. Setelah dilakukan dua kali sosialisasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes), ada peningkatan yang mendaftar sesuai dengan izin dari orang tua murid masing-masing," ungkapnya.

Dikatakan, di samping mendukung program percepatan vaksinasi di Kota Padang Panjang, kegiatan vaksinasi ini juga sebagai benteng diri bagi anak anak peserta didik sehingga terhindar dari virus Covid19.

"Semoga peserta didik kita terhindar dari virus Covid19, sehingga proses belajar tatap muka bisa berjalan lancar. Kami berharap, anak-anak semakin menyadari pentingnya vaksin," harapnya.

Baca juga: Semarak Ramadhan di Kota Padang Panjang, Dari Itikaf, Berbagi Berkah hingga Tadarusan

Dia menyarankan, di samping diperlukannya izin dari orang tua murid, juga ada pendampingan dari orang tua saat pelaksanaan vaksinasi. Sehingga, dapat meningkatkan pemahaman, kalau vaksin tidak perlu ditakutkan.

"Alhamdulillah, sejauh ini dari semua yang divaksin hari ini, berjalan dengan lancar. Tidak ada yang mengalami gejala yang mengkhawatirkan. Kami juga mengambil kebijakan, bagi murid yang telah melakukan vaksin, diperbolehkan untuk pulang duluan agar bisa istirahat," jelasnya.

Supaya Lebih Aman

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes, Rahmaisa menyampaikan, percepatan vaksinasi untuk usia pelajar ini dibutuhkan agar pembelajaran tatap muka lebih aman. "Vaksinasi untuk pelajar merupakan fokus Dinkes saat ini," katanya.

Baca juga: Kerugian Warga Padang Panjang Akibat Erupsi Gunung Marapi Capai Rp13 Miliar

Untuk vaksinasi di SMPN 4, Rahmaisa merincikan, dari 42 pelajar yang di-screening, divaksin 40 orang dan ditunda dua orang. Dari jumlah itu, vaksin dosis pertama 29 orang dan satu orang untuk dosis kedua. Kegiatan vaksinasi ini, difasilitasi tenaga kesehatan dari Puskesmas Bukit Surungan.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: