ISPU Tanahdatar Kategori Tidak Sehat, Sekda: Siapkan Langkah Antisipatif

Kamis, 19 September 2019, 18:49 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
ISPU Tanahdatar Kategori Tidak Sehat, Sekda: Siapkan Langkah Antisipatif
Sekda Tanahdatar, Irwandi memimpin rapat terbatas tentang kabut asap dan antisipasi dampaknya, Kamis (19/9/2019) di aula eksekutif kantor bupati. (jhen rahmad/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di sekitar komplek kantor bupati di Kota Batusangkar, Rabu (18/9/2019) mencapai angka 139,6. Sedangkan dengan PM 10 pada angka 229,2. Ini mengartikan, kondisi udara di Tanahdatar secara umum tergolong tidak sehat.

"Memperhatikan dan melihat kondisi kabut asap yang relatif meningkat dan kalau hasil pengukuran berada pada kisaran angka sangat tidak sehat, tentu kita harus mempersiapkan langkah antisipasi secara cepat," ungkap Sekda Tanahdatar, Irwandi pada rapat terbatas, Kamis (19/9/2019) di aula eksekutif kantor bupati.

Rapat terbatas ini juga dihadiri Staf Ahli Bupati, Nuryedisman dan dr Ermon Revlin. Asisten III Helfy Rahmy Harun, Kadis Kesehatan, dr Yesrita Zedrianis, Kadis Perkim LH, Dessy Trikorina, Kepala BKD Adrion Nurdal, Kepala Baperlitbang, Alfian Jamrah, perwakilan Dinas Dikbud dan BPBD, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, Kabag Hukum Jasrinaldi dan Kabag AP, Audia Safitri.

Diketahui, ISPU terbagi atas: baik (0-50), sedang (51-100), tidak sehat (101-199), Sangat Tidak Sehat (200-299) dan Berbahaya (>300). Untuk Parameter PM 10 (Partikulat) terbagi atas, Baik (0-50), sedang (51-150), tidak sehat (151-250), sangat tidak sehat (251-350) dan berbahaya (> 351).

Baca juga: Ini Tiga Poin Imbauan Disdikbud Agam Terkait Kabut Asap

Rapat terbatas ini di antaranya melakukan kajian dan pertimbangan untuk melahirkan kebijakan untuk meliburkan siswa PAUD, SD dan SMP. Untuk SMA, tentu harus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi.

"Kita harus tetap siaga dengan segala kemungkinan, Dinas Kesehatan dengan Puskesmasnya harus siaga dengan masker, begitu juga dengan BPBD Tanahdatar," harapnya.

"Tentunya, peran masyarakat terutama orang tua juga harus bisa secara mandiri menyediakan dan mempersiapkan masker bagi keluarganya. Kepada Kominfo dan Humas, selalu sediakan informasi kondisi udara dengan langkah-langkah sederhana mengurangi dampak kabut asap ini, baik melalui website maupun Radio Tanahdatar," tambahnya.

Sementara, data yang diperoleh Humas melalui Dinas Perkim LH Tanahdatar, ISPU dinyatakan berada pada angka 103 dan masih dalam kategori tidak sehat. Angka ini sedikit membaik dibanding hari sebelumnya yakni pada 139,6. (jen)

Baca juga: Kualitas Udara Pekanbaru Membaik, Siswa Tetap Dianjurkan Pakai Masker

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: