Kualitas Udara Pekanbaru Membaik, Siswa Tetap Dianjurkan Pakai Masker

Jumat, 13 Oktober 2023, 08:00 WIB | Gaya Hidup | Kota Pekanbaru
Kualitas Udara Pekanbaru Membaik, Siswa Tetap Dianjurkan Pakai Masker
Siswa sebuah sekolah dipasangkan masker yang benar oleh gurunya. (humas)

PEKANBARU (12/10/2023) - Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Abdul Jamal mengimbau peserta didik untuk tetap menggunakan masker saat berada di lingkungan sekolah.

"Meskipun kualitas udara telah mulai membaik dari dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), namun menggunakan masker adalah cara efektif melindungi diri dari potensi risiko Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)," ungkap Abdul Jamal di Pekanbaru, Kamis.

Disarankan, terang dia, untuk terus mengenakannya hingga kondisi udara sepenuhnya pulih.

Kualitas udara di Peaknbaru, terangnya terus mengalami perbaikan. Dia berharap, kondisi udara dapat kembali normal seperti biasa. Namun, pihak berwenang tetap melakukan pemantauan terhadap situasi cuaca terkait kabut asap.

Baca juga: Pelaku Karhutla Seluas 26 Ha di Inhu Diamankan

Terlebih lagi, sebelumnya Dinas Pendidikan Provinsi Riau telah mengeluarkan surat edaran, mendorong pelaksanaan aktivitas belajar mengajar secara daring ketika kualitas udara memburuk di beberapa kabupaten dan kota di Riau.

"Kami juga telah mengirimkan surat edaran tersebut ke semua sekolah. Pertama, kami mengimbau penggunaan masker, dan kedua, kami menyarankan untuk membatasi aktivitas di luar ruangan," ungkapnya.

Ia menekankan, kebijakan untuk meliburkan anak sekolah hanya akan diambil jika tingkat kualitas udara mencapai kategori sangat tidak sehat, dengan kandungan partikel debu mencapai angka 200.

Jamal memastikan bahwa pihaknya akan mengambil tindakan baru apabila kualitas udara di Pekanbaru menjadi mengkhawatirkan, dan jika ada rekomendasi dari Dinas Kesehatan Pekanbaru.

Baca juga: Ini Tiga Poin Imbauan Disdikbud Agam Terkait Kabut Asap

"Kami juga akan terus berkoordinasi dengan lembaga-lembaga yang memiliki peran penting dalam memantau kualitas udara di Pekanbaru seperti DLHK dan BMKG," tukasnya. (*)

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: