Padang Canangkan 1 Kelurahan 1 Bank Sampah, Mahyeldi: Penggunaan Plastik Wajib Dikurangi

Selasa, 17 September 2019, 18:46 WIB | News | Kota Padang
Padang Canangkan 1 Kelurahan 1 Bank Sampah, Mahyeldi: Penggunaan Plastik Wajib Dikurangi
Wako Padang, Mahyeldi memperlihatkan keranjang tas dengan bahan baku sampah plastik, saat peresmian Bank Sampah Al Hijrah di Kelurahan Rawang, Selasa (17/9/2019).

Di Kelurahan Rawang sendiri, saat ini sudah terbentuk 2 unit bank sampah, yaitu Bank Sampah Al Hijrah dan Bank Sampah Melati. Keduanya merupakan binaan Bank Nagari dalam manajemen pengelolaan dan membantu komposter, timbangan, plang merek serta seragam pengelola bank sampah.

Bank Nagari sejak awal termasuk yang berkomitmen untuk terus memberikan pembinaan bagi kelompok pengelola sampah terutama bank sampah yang ada di Kota Padang. Sejauh ini, Bank Pembangunan Daerah (BPD) itu telah mengalokasikan CSR bagi pembinaan usaha pengolahan bank sampah.

Hadir dalam pencanangan "1 Kelurahan 1 Bank Sampah," tersebut Pimpinan Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Nagari, Yasrizal Idrus didampingi staf, Muhammad Reza Harry Susanto.

Baca juga: Mahyeldi Buka HIPMI PT UNP Fest, Ini Pesan Gubernur

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Mairizon selaku pelaksana kegiatan serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lainnya turut hadir. Kegiatan ini, menurut Mairizon, merupakan rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup dan upaya pencapaian target pengurangan sampah berdasarkan pada Jakstrada Kota Padang.

Sementara itu, Camat Padang Selatan, Fuji Astomi menyebut, pencanangan yang dipusatkan di Kelurahan Rawang ini memberikan motivasi bagi kader dan warga, untuk lebih giat dalam mewujudkan lingkungan bersih. Bukan saja bersih lingkungan, tetapi dari sampah juga membawa berkah.

"Setelah aktifnya bank sampah dan bahan -bahan dari plastik terpilah dengan baik lalu diolah akan mendatangkan produk bernilai ekonomis," sebutnya.

Kenapa kegiatan ini dipusatkan di Rawang, Fuji menjelaskan, di Rawang ada dua bank sampah yang efektif beroperasi. "Di samping itu, lurahnya juga aktif dan memang memiliki inovasi untuk pengelolaan sampah ini," sebutnya.

Lurah Rawang, Andi Amir dikesempatan ini mendapat apresiasi wali kota Padang, terkait perhatiannya dalam pengelolaan sampah. Dari 104 kelurahan di Kota Padang, kelurahan Rawang disebutkannya patut jadi percontohan dalam penanganan sampah. (rls/vry)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: