Wabup Pasbar Hadiri Wisuda Hafiz Quran Siswa MTs Bait Al Hikmah

Selasa, 11 Juni 2024, 05:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Wabup Pasbar Hadiri Wisuda Hafiz Quran Siswa MTs Bait Al Hikmah
Wabup Pasbar, Risnawanto pasangkan mahkota pada santri MTs Bait Al Makmur yang mengikuti wisuda tahfiz, Senin. (robbi irwan)

PASBAR (9/6/2024) - Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Risnawanto menjelaskan, pendidikan karakter yang berlandaskan akhlak, akan jadi bekal untuk sukses bagi anak-anak. Salah satunya dengan menghormati orang tua.

"Kami sebagai pemerintah daerah, datang ke sini untuk melihat langsung kondisi pusat pendidikan dulunya. Karena, Talamau ini dulu terkenal sebagai daerah pendidikan," ungkap Risnawanto.

Hal itu disampaikannya, saat melepas 31 siswa kelas IX MTs Bait Al Makmu Tabek Sirah Talu, Kecamatan Talamau, Senin.

Selain itu, MTs Bait Al Makmur juga mewisuda sebanyak 14 orang hafiz al Quran dengan hafalan mulai dari 1 Juz hingga 5 Juz.

Baca juga: Angka Stunting Pasbar Ditargetkan Turun 14 Persen di Tahun 2024

Siswa yang lulus maupun yang mengikuti wisuda Tahfiz al Quran tampak haru sekaligus sedih, ketika orang tua masing-masing mendampingi dan menyaksikan kesuksesan mereka.

Selain itu, siswa yang lulus di kelas IX, juga diminta untuk mencuci kaki orang tua mereka sebagai bukti ungkapan cinta terhadap orang tua yang telah berkorban demi perjuangan mereka.

Risnawanto yang menyaksikan kegiatan tersebut, juga terlihat haru. Ia datang ke Talu, tepatnya Tabek Sirah, untuk melihat dan mengenal kembali bagaimana pendidikan di Talamau dulunya.

Ia melanjutkan, kecerdasan anak nagari di Talamau dulunya memang tidak diragukan lagi. Jika wilayah lain bangga dengan hasil sawitnya, maka Talamau bangga dengan keunggulan pendidikannya.

Baca juga: Pasbar Gelar Intervensi Pencegahan Stunting di Posyandu Pelati Hati Rimbo Binuang, Ini Alasannya

"Contohnya di MTs Bait Al Makmur ini. Dengan segala keterbatasan, masih bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas," ujar Risnawanto.

Halaman:

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: