RPJPD Sumbar 2025-2045 Sejalan dengan Capaian Target Indonesia Emas 2045

Rabu, 12 Juni 2024, 15:31 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
RPJPD Sumbar 2025-2045 Sejalan dengan Capaian Target Indonesia Emas 2045
Sekdapro Sumbar, Hansastri hadiri rapat paripurna dengan agenda jawaban gubernur terhadap pandangan umum fraksi terhadap 3 Ranperda, pada rapat paripurna, Selasa. (humas)

PADANG (11/6/2024) - Dokumen Rancangan Akhir RPJPD Sumbar 2025-2045 telah mengintegrasikan isu strategis dan kebijakan dalam RTRW Provinsi dengan isu strategis dan arah kebijakan RPJPD termasuk indikator utama pembangunan yang sesuai.

"Penyusunan RPJPD Sumatera Barat ini telah mempertimbangkan prinsip pembangunan berkelanjutan dengan adanya dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJPD," ungkap Sekdaprov Sumbar, Hansastri pada rapat paripurna DPRD Sumbar, Senin malam.

Rapat paripurna ini dipimpin Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Safar didampingi wakil ketua, Suwirpen Suib serta Raflis (Sekretaris DPRD Sumbar). Selain Hansastri, hadir pimpinan OPD serta Forkopimda dan undangan lainnya.

Dikatakan Hansastri, semua target dalam RPJPD Sumbar, telah memperhatikan arahan imperatif dari RPJPN pada Lampiran Buku II SEB.

Baca juga: Konsultasi Publik Ranwal RPJPD Agam 2025-2045, Ini Arahan Bupati

"Semuanya adalah target optimistis dalam rangka mendukung sinergitas capaian target Indonesia Emas 2045," terang Hansastri.

"Bahkan, untuk target yang angka capaian baseline sudah melebihi dari target yang ditetapkan, maka dilakukan penyesuaian sehingga ada perubahan dari target yang ditetapkan oleh Nasional menjadi lebih tinggi lagi (optimis)," tambahnya.

Dijelaskan, kerangka pikir penyusunan RPJPD secara teknokratik diturunkan dari Visi jangka panjang daerah dengan 5 sasaran visi.

Visi ini kemudian diturunkan menjadi 8 Misi dan 17 arah pembangunan yang mencakup 45 indikator utama pembangunan.

Baca juga: Milad ke-94 Tarbiyah-Perti, Prof Sufyarma: Kembali ke Khittah Bangun SDM Mumpuni

"Masing-masing arah pembangunan dilengkapi dengan arah kebijakan transformatif yang mendetail sebagai langkah dan upaya untuk mencapai tujuan dan misi pembangunan jangka panjang," ungkapnya.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: