Jurusan Teater ISI Padangpanjang Kolaborasi dengan Seniman Jepang

Rabu, 19 Juni 2019, 10:11 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Jurusan Teater ISI Padangpanjang Kolaborasi dengan Seniman Jepang
Mahasiswa Jurusan Teater Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, terus menjalin kerjasama internasional. Dalam waktu dekat, bersama Indonesia Performance Syndicate (IPS) tim Sinonome Butoh dari Jepang, akan menyambangi kampus tersebut. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Jurusan Teater Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, kembali membangun kerjasama internasional. Kali ini bersama Indonesia Performance Syndicate (IPS), jurusan yang diminati calon aktor dan sutradara ini disambangi oleh tim Sinonome Butoh dari Jepang.

Berkekuatan 9 orang termasuk sang direktur artisitik Yuko Kawamoto, Sinonome Butoh akan menggelar wokrshop hingga 21 Juli 2019 mendatang. Koordinator kegiatan, Wendy HS mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan membangun jejaring Butoh Three.

"Ini sudah tahun ke tiga, Butoh Three diperkenalkan di Asia. Kita mendapat kehormatan jadi tuan rumah dari sekian banyak pilihan lokasi di Indonesia," katanya.

Butoh Three sendiri, katanya, adalah program yang dirancang Yuko Kawamoto untuk memperkenalkan Butoh secara lebih luas di kalangan masyarakat seni di Asia. "Dalam hal ini, Butoh yang merupakan kesenian yang lahir dan berkembang dari Jepang, tidak semata-mata utuh seperti aslinya lagi ketika disebarkan dalam berbagai workshop dan kolaborasi."

"Tetapi, Kawamoto justru meng-combine-nya dengan kearifan lokal. Dalam pandangan Kawamoto, justru tubuh-tubuh lokal inilah yang jadi kekuatan dasarnya nanti," sebut Wendy.

Menurut Wendy, program ini juga akan menyapa masyarakat. Dimana, karya kolaborasi yang dilahirkan akan ditampilkan di kawasan Sungai Landia, Kabupaten Limapuluh Kota. "Tanggal 25, kita akan pementasan kolaborasi di ISI, tanggal 26 kita tampil di Sungai Landia," sebutnya.

Workshop yang berlangsung terutama diperuntukkan bagi kalngan mahasiswa. Disamping itu, ada pula kalangan umum, tetapi harus mengikuti seleksi terlebih dulu. "Kita sudah terima 3 peserta dari Jambi, 2 dari Pekanbaru dan 1 dari Medan," sebut Wendy.

Tujuan pelaksanaan program ini, menurut Wendy, untuk menjadikan ISI Padangpanjang atau kota Padangpanjang pada umumnya, sebagai salah satu sentra pertunjukkan yang diperhitungkan dalam dunia kesenian di Indonesia.

Ketua Jurusan Teater, Sulaiman Juned mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan pengalaman berkolaborasi dengan seniman internasional kepada para mahasiswa. "Mahasiswa kita yang ikut dalam workshop dan kolaborasi ini, nantinya akan terlibat secara lebih jauh dalam program Butoh Three. Jadi ini akan berdampak jangka panjang dalam karir kesenian mereka," sebutnya.

Karena itu, Sulaiman Juned berharap, para mahasiwa memanfaatkan momen ini dengan baik, dan mencatat berbagai hal yang baru mereka temukan dari para pemateri. "Perkembangan teater hari ini menuntut kesiapan mahasiswa kita dalam hal referensi."

"Nah, dengan mengenal Butoh, berarti mereka memperkaya referensi tubuh, hingga referensi filosofis tentang salah satu bentuk pertunjukan terkuat dari Jepang," katanya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: