Begini Nasib Caleg Berstatus Istri Kepala Daerah di Sumbar pada Pemilu 2019

Sabtu, 11 Mei 2019, 14:11 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Begini Nasib Caleg Berstatus Istri Kepala Daerah di Sumbar pada Pemilu 2019
Suasana pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu 2019 tingkat provinsi Sumbar di Pangeran Beach Hotel Padang, Sabtu (11/10/2019). (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Nevi Zuarina dan Lisda Rawdha jadi anggota DPR RI terpilih dari Sumbar pada pemilu 2019 ini. Nevi yang jadi Caleg PKS, merujuk hasil rekapitulasi penghitungan suara yang telah dilakukan KPU kabupaten/kota di daerah pemilihan (Dapil) II Sumbar, dipastikan jadi peraih suara terbanyak. Hal serupa juga bakal direngkuh Lisda Hendrajoni yang maju dari Partai Nasdem di Dapil I Sumbar.

Kedua nama ini, merupakan istri dari kepala daerah yang tengah menjabat di Sumbar. Nevi merupakan istri dari Gubernur Sumbar dua periode, Irwan Prayitno 2015-2020. Sedangkan Lisda Rawdha adalah pendamping hidup Bupati Pesisir Selatan periode 2015-2020, Hendrajoni.

Nevi yang berada di nomor urut 2, diperkirakan memperoleh suara pribadi mencapai angka 52 ribu lebih. Sedangkan perolehan suara partai PKS mencapai angka 199 ribu lebih di Dapil II Sumbar ini. Sedangkan Lisda Rawdha yang merupakan caleg nomor urut 3, juga meraih suara hampir 40 ribu lebih pemilih.

Jika melihat susunan caleg Partai Nasdem di Dapil I Sumbar, Lisda Rawdha tampak seperti lolos dari lobang jarum. Sparing partner-nya merupakan politisi yang telah kenyang makan asam garam perpolitikan Ranah Minang. Bahkan di antaranya ada mantan kepala daerah yang menjabat dua periode di daerahnya masing-masing seperti Fauzi Bahar (Padang) dan Syamsu Rahim (Solok).

Baca juga: Calon Tunggal Tetap Jalani Pengundian Nomor Urut, Menang Pilkada jika Raih 50 Persen Lebih Suara Sah

Juga ada nama pejabat DPR RI petahana, Endre Sjaifoel. Kemudian terdapat nama istri Bupati Solsel, Suriati Muzni Zakaria yang ikut bertarung memperebutkan suara rakyat bersama caleg lainnya, Delvia Indra Rajuddin, Puji Cegana dan Shofwim Shofwan.

Pertarungan tak kalah sengitnya dalam memperebutkan suara rakyat, tentu juga dirasakan Nevi Zuairina. Istri Irwan Prayitno ini berhasil mengungguli perolehan suara anggota DPR RI PKS tiga periode, Refrizal yang terkenal dengan program bedah lapaunya.

Nevi juga berhasil melewati perolehan suara politisi senior PKS yang telah jadi langganan mencaleg semisal Syaurium, notaris kondang Catur Virgo, Syamsuardi (tokoh Pasaman Barat) dan Yunesli (aktivis dakwah perempuan).

Namun, nasib mujur politisi perempuan yang berstatus istri kepala daerah di Sumbar seperti Nevi Zuairina dan Lisda Rawdha tak segaris dengan mereka yang maju di DPRD provinsi maupun kabupaten/kota di Sumbar.

Baca juga: Syarat Calon 2 Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Dinyatakan Memenuhi Syarat

Harneli Bahar yang merupakan istri Mahyeldi (Wako Padang), akhirnya kandar jadi wakil rakyat untuk DPRD Sumbar dari Daerah Pemilihan (Dapi) Sumbar I (Kota Padang). Suaranya berselisih tipis dengan pejabat petahana DPRD Sumbar 2015-2019, Rahmat Saleh.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: