MAN 1 Pilih Ketua OSIM Bagai Pilkada

Rabu, 10 Oktober 2018, 17:01 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
MAN 1 Pilih Ketua OSIM Bagai Pilkada
Kepala Divisi Program dan Perencanaan KPU Padang, Yusrin Trinanda menandatangani nota kerjasama dengan Kepala MAN 1 Padang, pada sekolah yang berada di Durian Taruang, Kuranji berkumpul di lapangan sekolah itu, Rabu (10/10/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Marjanis menilai, selama ini pendidikan politik praktis tak pernah diajarkan kepada siswa sekolah. Siswa sekolah hanya bersentuhan dengan pelajaran rutin dan ekstrakurikuler di sekolah.

"Dengan adanya kegiatan ini kita harapkan semua siswa menjadi pilot project di tempat tinggalnya. Mengajak masyarakat dan kawan-kawannya untuk memberikan hak suaranya pada pemilu 2019 nanti," tukuknya.

Sementara, Kepala MAN 1 Padang, Marliza menegaskan, kelas pemilu yang dilakukan dalam pemilihan Ketua OSIM sebenarnya merupakan pembelajaran kepada siswa dalam tatanan kehidupan berdemokrasi. Lewat kelas pemilu, siswa menjadi tahu alur dan proses pemilihan umum, mulai dari cara mencoblos hingga penghitungan suara.

Baca juga: Parpol Bisa Ajukan Pasangan Calon Pilkada Padang jika Punya 35.056 Suara Pemilih Hasil Pemilu 2024

"Mudah-mudahan lewat pembelajaran ini nantinya mereka akan merasakan bagaimana memilih dan dipilih beberapa tahun ke depan," ucapnya.

Dalam acara yang digagas KPU Padang, suasana memang terasa seperti pilkada. Tiga pasangan calon saling berorasi dalam meraih simpati pemilih. Ketiga paslon saling menyampaikan visi dan misi. Selain itu juga dilaksanakan kuis dan talkshow.

Talkshow yang dilaksanakan di MAN 1 Padang menghadirkan dua narasumber yakni Mahyudin (Komisioner KPU Padang) serta Pimpinan Redaksi Padang TV, Nashrian Bahzein.

Keduanya saling mengedukasi siswa sekolah dengan pendidikan politik. Pada talkhsow yang dimoderatori Sekretaris KPU Padang, Lucky Dharma Yuli Putra itu, sejumlah siswa aktif bertanya.

Nashrian Bahzein menyebut, generasi saat ini cenderung pasif dengan politik. Berbeda dengan generasi lampau yang terbilang aktif saat dilakukan pemilu.

"Kini saatnya generasi saat ini, yang disebut dengan generasi 'justin bieber', untuk peduli pemilu. Karena di tangan kalian semua nasib bangsa ini ditentukan," katanya di depan seluruh siswa. (rls/vry)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: