Direktur Kemensos Apresiasi Irfendi Arbi, Ini Alasannya

Selasa, 03 Juli 2018, 20:36 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Direktur Kemensos Apresiasi Irfendi Arbi, Ini Alasannya
Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kemensos Sosial RI, Rachmat Koesnadi dan Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi menyaksikan langsung penyandang disabilitas mental UILS Rumah Idaman Suliki tengah memasak makanan, Selasa (3/7/2018). (huma
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial RI, Rachmat Koesnadi mengapresiasi Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi. Sebab, orang nomor satu di Kabupaten Limapuluh Kota terbukti peduli dengan masalah sosial dan juga telah berinovasi bagi penyandang disabilitas.

Hal itu disampaikan Rachmat dalam penyampaiannya pada acara koordinasi penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan pelaksanaan gerakan stop pemasungan di pendopo rumah dinas bupati, Selasa (3/7/2018).

"Saya melihat Bupati Irfendi Arbi benar-benar peduli dengan masalah sosial di tengah masyarakatnya. Lebih dari itu, saya mengapresiasi inovasi Bupati Irfendi Arbi yang telah mendirikan Unit Informasi Layanan Sosial (UILS) buat membantu penyandang disabilitas mental atau penyandang gangguan jiwa di daerah ini," ungkap Rachmat.

Menyimak kepedulian dan terobosan yang telah dilakukan Irfendi Arbi, ia optimistis, Kabupaten Limapuluh Kota dalam waktu dekat ini akan bebas dari pemasungan. Untuk mendukung penanganan penyandang disabilitas tersebut, Rachmat memastikan akan mengalokasikan bantuan khusus bagi daerah ini.

Baca juga: Gagas Si Mantap, Irfendi Arbi jadi Terbaik 1 Pembina Dana Desa

"Dengan kerendahan hatinya, Bupati konsen memperhatikan dan berbuat terhadap penyandang masalah sosial tersebut. Kami sangat menghargai kepedulian Bupati Irfendi Arbi terhadap masalah sosial ini," tutur Rachmat.

Rachmat berharap, UILS di Kabupaten Limapuluh Kota terus berkembang dan didukung semua pihak terkait. Ia ingin, ke depannya setiap kabupaten dan kota bisa menangani masalah disabilitas mental seperti yang telah dilakukan Kabupaten Limapuluh Kota. Sebab, penyandang gangguan jiwa itu harus mendapatkan pelayanan dan pendampingan agar sakitnya tidak kumat.

"Dengan adanya UILS, kita berharap masalah disabilitas mental bisa ditangani sendiri oleh masing-masing daerah. Kita tidak mau penyandang disabilitas itu dibiarkan dan dikerangkeng karena itu jelas-jelas melanggar Hak Asasi Manusia," tutur Rachmat sembari meminta suport pihak BPJS buat pelayanan kesehatan para penyandang disabilitas.

Apresiasi senada juga dilontarkan tenaga ahli direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kemensos Rini Hartini Rinda A. Ia optimistis dengan kepedulian dan keseriusan Bupati, penanganan masalah sosial di daerah ini akan berjalan lancar.

Baca juga: Semangat Kepahlawanan harus Tetap Menyala

"Dengan kepedulian Irfendi Arbi terhadap masalah sosial ini, saya yakin penanganan disabilitas di Kabupaten Limapuluh Kota tidak akan mengalami hambatan," tutur Rini.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: