45 Anggota DPRD Padang Ikuti Bimtek di Jakarta, Ini 6 Materi yang Dibahas

Selasa, 12 Maret 2024, 19:59 WIB | Kota Padang
45 Anggota DPRD Padang Ikuti Bimtek di Jakarta, Ini 6 Materi yang Dibahas
Anggota DPRD Padang, foto bersama dengan pemateri Bimtek dengan tema "Teknis Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan yang Akuntabel Serta Membangun Kemitraan Legislatif dan Eksekutif" di Jakarta. (humas)

JAKARTA (12/3/2024) - Sebanyak 45 orang anggota DPRD Padang ikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendalaman Tugas Pimpinan dan Anggota DPRD di Jakaerta.

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani memberikan sambutan pada pembukaan Bimtek.
Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani memberikan sambutan pada pembukaan Bimtek.

"Bimtek ini sangat penting, untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan anggota DPRD. Kita perlu memiliki pemahaman dan keterampilan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai perwakilan rakyat di lembaga legislatif," ujar Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani saat membuka kegiatan.

Baca juga: Bimtek WRSE Angkatan X, Supardi: Kreatif dan Inovatif jadi Kunci Keberhasilan Usaha Kuliner

Bimtek ibi digelar selama tiga hari, tanggal 4-6 Maret 2024.

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani beserta pemateri dan peserta Bimtek, foto bersama usai pembukaan.
Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani beserta pemateri dan peserta Bimtek, foto bersama usai pembukaan.

Narasumbernya berasal dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pakar dan akademisi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No 133 Tahun 2017.

Baca juga: Bimtek Penguatan Kebudayaan, Supardi Ajak Tungku Tigo Sajarangan Ikut Selesaikan Persoalan Sosial

Kegiatan Bimtek yang digelar di Hotel Mercure Rekso, Jakarta itu, difasilitasi pejabat struktural dan staf pelaksana dari Sekretariat DPRD Kota Padang.

Sekretaris DPRD Padang, Hendrizal Azhar sampaikan laporan kegiatan.
Sekretaris DPRD Padang, Hendrizal Azhar sampaikan laporan kegiatan.

Tema utama Bimtek kali ini adalah "Teknis Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan yang Akuntabel Serta Membangun Kemitraan Legislatif dan Eksekutif."

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

Tema fokus "Teknis Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan yang Akuntabel Serta Membangun Kemitraan Legislatif dan Eksekutif" sengaja dipilih.

Peserta Bimtek,Osman Ayub dan Muharlion.
Peserta Bimtek,Osman Ayub dan Muharlion.

Hal ini mencerminkan tanggung jawab DPRD sebagai mitra pemerintah dan komitmen untuk mewujudkan kemajuan berkelanjutan bagi masyarakat Kota Padang.

Baca juga: Jelang Akhir Masa Jabatan, DPRD Padang Gelar Paripurna Tutup Masa Sidang I dan Buka Masa Sidang II Tahun 2024

Materi Bimtek dan Pendalaman Tugas DPRD Padang Masa Sidang I Tahun 2024:

  1. Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2024;
  2. Pengawasan DPRD dan tindak lanjut LHP BPK;
  3. Manajemen reses dan kewajiban DPRD dalam penyampaian pokok pikiran yang memuat daftar aspirasi konstituen;
  4. Rencana percepatan daya serap anggaran;
  5. Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (lppd) dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ)
  6. Pembahasan dan penyampaian saran rekomendasi DPRD untuk perbaikan tahun anggaran berikutnya.

Menurut Syafrial Kani, keenam materi ini sangat penting dan relevan dibahas dalam kegiatan Bimtek dan peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD, guna mendukung peningkatan pengetahuan dan pemahaman dalam melaksanakan tugas.

Pimpinan DPRD foto bersama dengan pemateri bimtek.
Pimpinan DPRD foto bersama dengan pemateri bimtek.

"Pembiayaan kegiatan ini bersumber dari APBD, maka wajib dipertanggungjawabkan secara akuntabel agar tercipta pengelolaan keuangan negara yang efektif dan efesien dan dapat memberikan manfaat bagi orang banyak," pungkas Syafrial Kani.

Baca juga: DPRD Sumbar Periode 2019-2024 Segera Berakhir, Supardi: Semoga Tugas dan Kewajiban Tak Ada yang Tercecer

Pimpinan DPRD Padang berharap, narasumber dapat memberikan materi secara komprehensif, sehingga peserta dapat meningkatkan pengetahuan mereka terkait tema utama Bimtek.

"Mereka menekankan pentingnya pengelolaan keuangan yang akuntabel untuk menciptakan efektivitas dan efisiensi dalam pembiayaan anggaran," tambah Syafrial Kani.

Kontribusi Positif

Sekretaris DPRD Padang, Hendrizal Azhar menjelaskan, dasar penyelenggaraan Bimtek mengacu pada peraturan dan undang-undang yang relevan.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memastikan pemahaman anggota DPRD terkait peraturan perundang-undangan terbaru, prosedur legislasi, peran pengawasan, keterlibatan masyarakat, dan pembangunan kemitraan dengan eksekutif.

Kegiatan Bimtek ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan profesionalisme dan kinerja anggota DPRD Kota Padang dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Selain itu, ucapan terima kasih disampaikan kepada Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Krisnadwipayana, Dr Susetya Herawati serta para narasumber dan fasilitator yang telah mendukung kesuksesan kegiatan ini. (adv)

Editor: Mangindo Kayo

Bagikan: