Puntung Rokok Picu Kebakaran di Ladang Cengkeh

Kamis, 09 Juli 2015, 22:36 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Puntung Rokok Picu Kebakaran di Ladang Cengkeh
Kobaran api di Ladang Cengkeh milik warga yang terbakar, Kamis (9/7/2015), sekitar pukul 17.30 WIB, yang baru bisa dipadamkan malamnya. Pemicu kebakaran ini, akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Api berkobar di ladang cengkeh seluas 1,5 hektar di kaki Bukit Langkisau, kota Painan, Pessel, Kamis (9/7/2015), sekitar pukul 17.30 WIB. Asal api diduga dari bekas puntung rokok yang dibuang sembarangan, ke rerumputan yang mengering akibat cuaca panas sejak awal Ramadhan 1436 H ini.

"Tiupan angin yang cukup kencang pada waktu jelang berbuka puasa itu, membuat percikan api dari puntung rokok merambat ke beberapa tanaman yang sudah meranggas kekeringan," ungkap Irzal (30), warga setempat.

Dua mobil pemadam kebakaran milik Badan Penangulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan diterjunkan kelokasi kebakaran.

Medan yang curam serta tiupan angin kencang, membuat petugas pemadam kebakaran BPBD Pessel, esktra keras menjinakan si jago merah. Setelah hampir satu jam lebih, sijago merah berhasil dijinakan.

Baca juga: PILKADA 2024: Di Pessel, Pemilih Berkurang 555 Orang di DPT

Kepala BPBD Pessel, Pri Nurdin mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Kerugian dan penyebab kebakaran belum dipastikan. "Dugaan sementara, akibat puntung rokok," terangnya.

Sementara, Sofirman (48) warga Balai Lamo Salido, pemilik lahan cengkeh, mengatakan, ketika kebakaran, dia sedang berada di rumah. "Mendapat, informasi ladang terbakar, saya langsung kesini. Kurang lebih 15 batang cengkeh terbakar," ungkapnya. (lek)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: