Pembukaan TdS 2017, Nasrul Abit bersama Irwan Prayitno Gowes Kelilingi Istano Basa

Sabtu, 18 November 2017, 20:19 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Pembukaan TdS 2017, Nasrul Abit bersama Irwan Prayitno Gowes Kelilingi Istano Basa
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno didampingi Nasrul Abit (Wagub) dan pejabat lainnya, gowes keliling Istano Basa Pagaruyung bersama para pebalap TdS 2017, Sabtu (18/11/2017) pagi. (humas)

VALORAnews - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama Nasrul Abit (Wagub) melepas start etape 1 Tour de Singkarak (TdS) 2017 di Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanahdatar, Sabtu (18/11/2017) pagi.

Nasrul Abit disela-sela kegiatan menyampaikan, pelaksanaan TdS ini merupakan event internasional sebagai upaya mempromosikan potensi wisata Sumbar dipentas dunia.

"Ivent olahraga balap sepeda TdS yang ke-9 kali diadakan ini, telah menjadi agenda promosi wisata nasional. Kita berharap dengan event ini, kunjugan wisata dunia ke Indonesia dan khususnya Sumatera Barat semakin meningkat setiap tahunnya," ungkap Nasrul Abit.

Sumatera Barat yang dikenal dengan sebutan Ranah Minang, terang dia, merupakan salah satu etnik dengan menganut sistem kekerabatan matrilinial (garis keturunan ibu). Ini merupakan satu-satunya di Indonesia.

Baca juga: Tarhib Ramadhan Bersama Forum Silaturahim Majelis Taklim, Nevi: Jaga Keikhlasan Siang dan Malam

"Budaya dan adat istiadatnya tinggi dengan filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) serta kuliner yang enak sekali, seperti rendang yang telah mendunia, tentu menjadi kekuatan wisatawan untuk datang berkunjung dan menikmati keindahan alam Sumatera Barat," terangnya.

"Mari dukung dan majukan wisata Sumbar, untuk kemajuan pembangunan daerah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ajak pria bergelar adat Dt Malintang Panai itu.

Etape pertama ini akan menempuh jarak sejauh 109,3 km. Start dimulai di Istano Basa Pagaruyung Tanahdatar dan finish di Pantai Muaro Lasak Padang.

Sebelum pelepasan start TdS stage 1, gubernur, wakil wubernur dan wakil bupati Tanahdatar, melaksanakan gowes pemanasan keliling Istano Basa Pagaruyung dengan seluruh pebalap TdS 2017. (rls/kyo)

Baca juga: Mahyeldi Imami Shalat Jenazah Nasrul Abit hingga Pimpin Prosesi Penguburan di Air Haji

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: