Peringatan HUT ke-18 Meriah, Nasrul Abit: Mentawai Butuh Percepatan Pembangunan Infrastuktur

Kamis, 05 Oktober 2017, 17:20 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Peringatan HUT ke-18 Meriah, Nasrul Abit: Mentawai Butuh Percepatan Pembangunan...
Bupati Mentawai, Yudas Sabagalet menyerakan cenderamata pada anggota DPR RI Dapil Sumbar I, Alex Indra Lukman usai paripurna istmewa HUT ke-18 di Tuapeijat, Selasa (4/10/2017). Hari jadi ini juga dihadiri Wagub Sumbar, Nasrul Abit serta sejumlah kepala da

VALORAnews - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Pemkab Mentawai dengan agenda hari jadi Kabupaten Mentawai ke-18. Nasrul Abit dikesempatan itu berpesan, untuk memaknai hari jadi mentawai ke-18 tahun ini untuk arif dalam melakukan koreksi dan evaluasi atas segala pencapaian di masa lalu sekaligus bersyukur atas apa yang telah diraih selama ini.

"Memang benar, selama ini kita telah bekerja keras, juga telah berhasil dan kemajuan yang tidak sedikit namun tidak sedikit pula persoalan-persoalan krusial mesti arif dan bijaksana kita mengakui, bahwa masih banyak persoalan dan tantangan yang belum sepenuhnya dapat diselesaikan," ujar Nasrul Abit dalam paripurna yang juga dihadiri anggota DPR RI, Alex Indra Lukman, St Riska Tuanku Kerajaan (bupati Dharmasraya) serta undangan lainnya itu, Selasa (4/10/2017).

Nasrul Abit juga mengungkapkan, data indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan tingkat kemiskinan 2016 dalam 2 tahun terakhir, nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 1,08 poin yaitu dari 56,33 ini, merupakan jumlah peningkatan cukup besar. Akan tetapi, jika dibandingkan IPM dengan kabupaten/kota di Sumbar, Kabupaten Mentawai berada pada urutan ke-19.

Nilai 57,41 ini, terangnya, memang lebih rendah jika dibandingkan dengan rata rata IPM Sumatera Barat 69,98. Selanjutnya, dari tingkat kemiskinan kabupaten kepulauan Mentawai 15,52 persen lebih tinggi dibandingan provinsi Sumbar 7,09 dan jauh pula lebih tinggi dibandingkan rata rata nasional 10,86 pada kondisi Maret 2016.

Baca juga: AJI Padang Kupas Fenomena Kerawanan Keamanan Digital di Tahun Pemilihan

"Hal ini terjadi karena masih banyak desa yang masih terisolir, karena itu kita mendorong Pemkab Kepulauan Mentawai mempercepat pembanguan infrastruktur baik jalan dan jembatan serta meningkatkan sarana dan prasarana pendukung sektor pariwisata," imbaunya.

Nasrul Abit juga menyampaikan, pada saat rapat pembahasan percepatan pembangunan dengan beberapa kementrian termasuk Kementrian Kominfo RI, telah ditetapkan pembangunan 28 tower komunikasi untuk daerah Blank Spot di Mentawai. Sehingga, bisa berkomunikasi dan bisa diakses berbagai belahan dunia.

"Dengan meningkatnya sarana komunikasi masyarakat Mentawai akan terbangun bangkit memacu diri mengejar ketertinggalan yang ada," terangnya.

Dia berharap, seluruh komponen masyarakat mentawai agar bersatu padu, dalam melaksanakan pembangunan di daerah ini termasuk dukungan penyediaan lahan (tanah) pembangunan tower, dan jalan Trans Mentawai.

Baca juga: HUT ke-18 Diwarnai Hujan Lebat: Rumah Jurnalis AJI Padang Ditargetkan Tuntas Dibangun Akhir 2023

"Selamat Hari Jadi Mentawai ke-18 tahun, semoga Mentawai segera keluar dari daerah tertinggal," ucap Nasrul Abit. (rls/kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: