Festival Saribu Rumah Gadang Bakal Meriahkan TdS 2017

Jumat, 08 September 2017, 20:45 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Festival Saribu Rumah Gadang Bakal Meriahkan TdS 2017
Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Solok Selatan, Firdaus Firman. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, akan menghelat Festival Saribu Rumah Gadang (SRG). Kegiatan itu akan dilaksanakan jelang iven Tour de Singkarak (TdS) 2017. Festival ini memanfaatkan kesempatan jadi tuan rumah TdS 2017, dimana ini untuk menghibur pebalap dan media yang meliput kegiatan TdS tersebut.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdakab Solsel, Firdaus Firman mengatakan, festival Saribu Rumah Gadang ini akan mengadakan berbagai festival atau lomba bagi anak nagari seperti randai, tari piriang, pidato adat (pasambahan) dan silek tradisi.

"Saat ini, sedang proses pematangan untuk pelaksanaan festival tersebut, bisa jadi kegiatan festivalnya ada yang bertambah," katanya.

Menurut dia, rencananya kegiatan ini akan diadakan dibeberapa tempat menyesuaikan dengan iven yang akan digelar.Dimana festival SRG ini, mengangkat tema "manjapuik nan tatingga, mangumpuan nan taserak, mangambang pusako lamo."

Baca juga: Bapemperda DPRD Solok Selatan Pelajari Kiat DPRD Sumbar Susun Propemperda

Festival ini dilaksanakan, karena Solsel memiliki keanekaragaman seni dan budaya. Dimana keaneka ragaman ini tersebar di setiap daerah sebagai kekayaan nagari. Dengan festival ini, bisa jadi wadah komunikasi, menambah nilai pendidikan, sebagai sarana hiburan dan pemersatu para pelaki seni Solsel.

"Melalui festival ini, bisa mengenalkan ragam seni budaya yang ada di Solsel, melestarikan, dan mengenalkan kepada generasi muda dan masyarakat. Sekaligus ini juga sebagai ajang promosi kreatifitas pelaku seni," jelasnya.

Solsel dipastikan bisa menjadi salah satu daerah yang dilewati pembalap TdS. Dimama sebelumnya, akibat kerusakan jalan, daerah selatan di Provinsi Sumatera Barat ini diperkirakan batal ikut TdS.

"Kesempatan yang didapatkan Solsel ini akan kami manfaatkan sebaik-baiknya, salah satunya dengan prosesi penyambutan dan atraksi seni dan budaya daerah yang terintegrasi dengan Festival Seribu Rumah Gadang," jelasnya.

Baca juga: Final MTQN XL Solok Selatan, Kafilah Agam Raih Peringkat I MFQ Beregu Putra

Dengan adanya dukungan media, Festival SRG yang baru pertama kali digelar ini diharapkan bisa menjadi salah satu ikon wisata unggulan, tidak saja untuk Sumbar tetapi juga untuk Indonesia.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: