Saatnya Kembali ke Berita Benar

Sabtu, 02 September 2017, 09:16 WIB | News | Kota Padang
Saatnya Kembali ke Berita Benar
Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo bersama ustad Zulkifli Muhammad Ali, dai asal Limapuluh Kota, saat kegiatan tabligh akbar di Padang, beberapa waktu lalu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Berita hoax (bohong), terus menyebar dan semakin menjadi-jadi belakangan ini. Menyasar ke banyak orang. Sehingga ada yang terpengaruh dan percaya kepada berita tersebut tanpa memeriksa ulang lebih dulu.

Akibatnya, banyak yang terperdaya. Berita tak benar itu memancing kisruh di tengah masyarakat. Bahkan ada pihak yang dirugikan karenanya.

Melihat kondisi itu, Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo mengajak seluruh masyarakat, untuk tidak gampang percaya dengan berita hoax. Masyarakat diimbau untuk tidak lagi mengonsumsi berita-berita tersebut.

"Kita terlalu banyak membaca berita hoax. Saatnya kita beritakan yang baik-baik," ungkap Mahyeldi, kemarin.

Baca juga: Dies Natalis ke-42 Jurusan Kesling Poltekkes Padang, Ini Tantangan dari Gubernur Sumbar

Dijelaskan Mahyeldi, berita hoax sebenarnya sangat merugikan. Bahkan agama menganjurkan seluruh umat untuk berbicara yang baik-baik. Berbicara menyenangkan hati orang lain.

Berita hoax biasanya banyak beredar media sosial. Berbeda dengan media konvensional yang konsisten dengan berita akurat, tajam, dan terpercaya.

Mahyeldi sempat bercerita tentang imbas dari berita hoax yang berseliweran di jagad maya. Pada saat gempa Mei 2016 lalu di Padang, guncangannya memang cukup kuat. Namun waktu itu tidak ada dampak berarti atas gempa tersebut.

"Yang akhirnya membuat heboh waktu itu kan media sosial, sehingga semua orang panik," terang Mahyeldi.

Baca juga: Ini Pesan Mahyeldi untuk Mahasiswa Baru Universitas Ekasakti

Pun begitu saat banjir yang melanda Padang sebelum puasa lalu. Media sosial kembali membuat heboh. Warga luar Padang percaya dengan foto banjir yang beredar di dunia maya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: