Ricky Donals Dilewakan Pangku Gelar Sako Dt Paduko Marajo

Jumat, 30 Juni 2017, 08:33 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Ricky Donals Dilewakan Pangku Gelar Sako Dt Paduko Marajo
Ricky Donal bersama istri, diarak ke balai adat pada acara malewakan gala adat Dt Paduko Rajo, di Nagari Tanjung Alam, Kabupaten Tanahdatar, Kamis (29/6/2017). (istimewa)

VALORAnews - Nagari Tanjuang Alam gelar ritual adat. Sebanyak 11 datuk dari lima suku di 16 kampung, dikukuhkan gelar sakonya di Balai Adat Nagari yang juga pernah jadi tempat Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono turun saat dianugerahi gelar adat beberapa waktu lalu.

Ricky Donals Nazir Datuk Paduko Marajo dari Singkuang, Ganting Bawah, termasuk salah seorang dari 11 datuk yang dikukuhkan itu. Pengkuhan itu menasbihkan Ricky Donals sebagai ninik mamak di Kanagariam Tanjuang Alam, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanahdatar.

Ricky Donals yang dikenal sebagai pebisnis di Jakarta ini, dilewakan menjadi datuk bergelar Paduko Marajo pada September 2016, saat itu baru menjadi ninik mamak kaum Singkuang

"Sebelumnya, 11 datuk baru itu jadi datuk di sukunya. Setelah dilakukan pengkuhan gala sako di Balai Adat Nagari Tanjung Alam, dengan prosesi di arak dari kampungnya dan diserahkan ke nagari, disaksikan ninik mamak lainnya, maka hari ini Datuk Paduko Marajo bersama 10 datuk lainnya resmi menjadi datuk atau ninik mamak di nagari," ujar Afwandi A Salim Dt Paduko Rajo, Kamis (29/6/2017).

Baca juga: Nagari Maek Lewakan Rajo nan Baduo dan Batagak Gala 24 Datuak, Ini Pesan Gubernur Sumbar

Sebelasa datuk yang dikukuhkan gala sakonya, Kamis pagi di Nagari Tanjuang Alam hadir 10 orang, selain Ricky Donals, yakni; Ibnu Hajar Dt Tandiko Nan Kayo, Ali Akbar Dt Putiah Dirajo, Doni Otriadi Dt Pangeran Nan Tuo, Fadelan Putra Dt Simarajo Nan Bunta, Anton Risman Dt Sinaro Koto, Anafis Dt Koyan, Boet Je Febrian Dt Bijo Nan Tuo, Sabrima Putra Dt Kondo nan Tuo, Harmen Junedi Dt Tanjuang Godang, Ridho Habiibii Dt Putih.

Ricky Donals Dt Paduko Marajo turun dari rumah di Ganting Bawah didampingi bundo kanduang (istri Ricky Donals-red) berpakaian kebesaran datuk lengkap dengan keris terselip di pinggang berikut tongkat datuk. Dia diarak oleh ninik mamak dan dubalang kaumnya ke Balai Adat.

"Ini bagian dari adat diisi limbago dituang di nagari Tanjuang Alam, menjadi ninik mamak di nagari tentu mewujudkan harapan kemenakan dan anggota kaumnya saat dilewakan sebagai datuk 2016 lalu," ujar Ricky Donals.

Gelar Datuk Paduko Marajo termasuk gelar bergengsi. Konon, gelar tersebut merupakan wakil Raja Pagaruyuang untuk Tanjuang Alam Tabek Patah, karena Datuak Paduko Marajo digaris keturunan Tanjuang Nan Ampek dari Kerajaan Pagaruyuang. Tanjuang Barulak, Tanjuang Sungayang dan Tanjuang Bingkuang.

Baca juga: Bupati Agam: Ninik Mamak harus Jauh dari Sifat Tercela

Kerajaan Pagaruruang, menurut Mamak Kepala Waris dari Ricky Donals, Mak In, garis keturunan Raja Pagaruyuang selain Tanjuang Nan Ampek ada Lubuk Nan Tigo.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: