Bertanam Sistem Hidroponik di SMAN 1 Harau

Selasa, 06 Juni 2017, 12:41 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Bertanam Sistem Hidroponik di SMAN 1 Harau
Budidaya tanaman dengan cara sistem hidroponik SMA N 1 Kecamatan Harau. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Mengisi kekosongan kebun pekarangan sekolah, SMA N 1 Kecamatan Harau menerapkan budidaya tanaman dengan cara sistem hidroponik. Sistem tanam hidroponik ini ialah suatu sistem ramah lingkungan dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah, dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Kepala SMA N 1 Harau, Afrizal mengatakan, sistem tanam hidroponik ini diterapkan oleh siswanya guna mengajarkan ilmu pertanian dengan memanfaatkan lahan semaksimal mungkin pada siswanya serta bertujuan untuk menambah ruang terbuka hijau dilingkungan sekolah.

"Sistem hidroponik ini sangat ramah lingkungan dan tidak memakan tempat. Jadi, saya dan guru lainnya mengajak siswa kami untuk mempelajari dan mempraktekkan sistem tanam dengan cara ini. Selain itu, dengan mengajak siswa bercocok tanamam diharapkan dapat menambah ruang terbuka hijau disekolah kita," imbuh Afrizal, Senin (5/6/2017).

Dikatakan, sistem tanam ini sangat menguntungkan, selain masa panen lebih relatif cepat, sistem ini juga dinilai lebih sehat dan segar, karena tidak memakai pestisida jika dibanding dengan pola tanam konvensional.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

"Dengan memakai sistem tanam ini hasil panennya lebih cepat dan sayur yang dihasilkan sehat dan segar, namun yang terpenting tidak memakai pestisida," sambungnya.

Afrizal berharap, masyarakat pada umumnya, terutama masyarakat yang hobi bercocok tanam atau yang bergelut di bidang pertanian, meniru pola tanam di SMAN 1 Harau ini. "Semoga dengan adanya sistem tanam ini dapat dijadikan contoh oleh masyarakat dalam bercocok tanam," pungkasnya. (rls/kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: