12 Mahasiswa Unand Dampingi Petani Agam Capai Target Upsus

Kamis, 13 April 2017, 22:37 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
12 Mahasiswa Unand Dampingi Petani Agam Capai Target Upsus
Dinas Pertanian Agam, Afdhal didampingi Jafrizal (Kepala Bidang Tanaman Pangan), Kamis (13/4/2017) memberikan arahan pada 12 orang mahasiwa Fakultas Pertanian Unand, yang akan melakukan penerapan teknologi dan inovasi untuk peningkatan produksi pangan dan
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sebanyak 12 orang mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand), memberikan pendampingan ke petani tentang penerapan teknologi dan inovasi untuk peningkatan produksi pangan dan ternak di Kabupaten Agam.

"Selama tiga bulan ke depan, mereka akan bertugas melakukan penguatan kelembagaan petani guna menyukseskan program program Upaya Khusus (UPSUS) swasembada pangan dan Sistem Indukan Wajib Bunting (SIWAB)," kata Kepala Dinas Pertanian Agam, Afdhal didampingi Jafrizal (Kepala Bidang Tanaman Pangan), Kamis (13/4/2017).

Dijelaskan, pendampingan dan pengawalan untuk mencapai swasembada pangan, merupakan faktor penting, yang tak bisa diabaikan. Untuk itu, pemerintah gencar melibatkan semua lini, mulai dari petani itu sendiri sebagai pelaku utama, penyuluh pertanian sebagai ujung tombak pembangunan pertanian, bahkan termasuk dukungan dari personil TNI dan mahasiswa.

Menurut dosen pembimbing lapangan Fakultas Pertanian Unand, Dr My Syahrawati, ke 12 orang mahasiswa ini disebar di enam kecamatan. Mereka bertugas sebagai pendamping penyuluh untuk membantu penguatan kelembagaan petani di lapangan.

Baca juga: Gubernur Sumbar Ucapkan Terima Kasih Atas Semangat Kerelawanan yang Ditumbuhkan PMI

"Mahasiswa/alumni ini, nantinya membantu melakukan pendampingan, terutama dalam rangka penerapan teknologi dan inovasi untuk peningkatan produksi pangan dan ternak," ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Aguska Dwifajra berharap, pendamping nantinya mampu melakukan identifikasi potensi wilayah dan pendataan usaha tani di lokasi pendampingannya.

"Pendamping harus berusaha untuk jadi sahabat petani, dengan melakukan transfer teknologi dan memberikan solusi terhadap permasalahan di lapangan. Sehingga, target peningkatan produksi dalam mendukung Upsus terpenuhi," katanya. (rls/ham)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: