Film jadi Media Persemaian Nilai Budaya Digelar di Padangpanjang

Sabtu, 18 Maret 2017, 23:14 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Film jadi Media Persemaian Nilai Budaya Digelar di Padangpanjang
Sekda Padangpanjang, Edwar Juliartha memberikan sambutan mewakili walikota, saat Persemaian Nilai Budaya 2017 dengan tema "Media Inspiratif Memperkuat Kebangsaan," di Gedung Hoerijah ISI Padang Panjang, Sabtu (13/3/2017). (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Padangpanjang bekerjasama dengan Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendididkan dan Kebudayaan RI, menyelenggarakan Persemaian Nilai Budaya 2017 dengan tema "Media Inspiratif Memperkuat Kebangsaan."

Program dengan media Film itu digelar di Gedung Hoerijah ISI Padang Panjang, Sabtu (13/3/2017), dengan tujuan untuk memberikan inspirasi pada siswa, guru/tenaga pendidik dan pemangku kepentingan pendidikan demi terbentuknya karakter positif.

Acara tersebut turut dihadiri Walikota Padangpanjang Hendri Arnis yang diwakili Sekda Edwar Juliartha, Direktur Sejarah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Triana Wulandari, Kasubdit Internalisasi Nilai Sejarah, Direktorat Sejarah, Kemendikbud RI, Edy Suwardi, Forkopimda Padangpanjang, Para Asisten dan Staf Ahli Setdako Padangpanjang, Kepala SOPD dan undangan lainnya.

Edwar Juliartha menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, telah memilih Padangpanjang sebagai tempat untuk menyemaikan nilai budaya.

Baca juga: Fadly Amran: Zakat dan Wakaf adalab Instrumen Keuangan Islam yang Solutif

"Ranah Minang khususnya, Kota Padangpanjang sangat menjaga budaya dengan disiplin dan memberi pengaruh positif kepada penerusnya. Dengan kondisi ini Sumatera Barat relatif lebih aman, Minangkabau sangat menjunjung tinggi adat istiadat yang berprinsip adat bersandi syarak, syarak bersandikan kitabullah," ungkapnya.

Dikatakan, persemaian budaya dengan media film ini diharapkan mampu mentransformasikan nilai nilai kebaikan kepada kita.jika kita telah mendapati yang demikian tentu nantinya kita bisa lebih memberikan contoh suritauladan yang baik kepada lingkungan sekitar.

Sementara, Triana Wulandari menyampaikan, persemaian nilai budaya melalui media film merupakan visi dari Kemendikbud sebagai satu alternatif dalam pembelajaran. "Film merupakan media yang sangat efektif dalam memberikan inspirasi, motivasi sekaligus spirit," katanya.

Triana juga mengajak guru, agar sesekali dalam mengajar dapat menggunakan media film dalam mendidik para pelajar di sekolah

Baca juga: Fadly Amran Kumpulkan Pimpinan OPD, Bahas Cara Tindak Lanjuti Aspirasi Warga

Film yang dipertontonkan pada hari itu merupakan film yang telah lulus seleksi dan penuh nilai spiritual, yakni Film dengan judul 'Mencari Hilal' dan 'Ada Surga di Rumah Mu.' (rls/bri)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: