Khatam Bukan Berarti Tamat Baca Al Quran

Minggu, 26 Februari 2017, 20:30 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Khatam Bukan Berarti Tamat Baca Al Quran
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ikut mengiringi pawai peserta khatam di Jorong Koto, Nagari Koto Tangah Simalanggang. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sebanyak 88 santriwan dan santriwati TPQ/TPSQ Al Ikhlas, Masjid Taqwa, Jorong Simpang Ampek, Kenagarian Labuah Gunuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban dan TPA Miftah Salam Masjid Baabun Nur di Jorong Kapalo Koto, Kenagarian Koto Tangah Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, mengikuti Khatam al Quran, Minggu (26/2/2017).

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya ketika menghadiri acara religi itu, mengharapkan, Khatam al Quran itu jadi momentum untuk lebih memupuk kecintaan para santri dan santriwati terhadap al Quran. Dengan begitu, generasi ke depan diharapkan benar-benar memahami kitab suci al Quran dalam artian bisa membaca, menterjemahkan, menafsirkan dan mensyurahkannya.

"Khatam bukan berarti tamat membaca dan mempelajari al Quran, sebaliknya menjadi momentum untuk lebih meningkatnya. Selain membaca dan semakin memahami kandungan kitab suci tersebut, kita juga berharap mereka yang khatam benar-benar menerapkan nilai-nilai al Quran dalam kehidupannya sehari-hari," ujar Irfendi dihadapan ratusan orang yang memadati Masjid Taqwa Labuah Gunuang.

Dikatakan, Pemkab Limapuluh Kota berkomitmen mendukung dan meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan bagi generasi di daerah ini. Salah satu buktinya, pada 2016 lalu Pemkab kembali membagikan honor buat guru mengaji dan garin masjid.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

Dukungan dana tersebut, lanjut Irfendi, antara lain buat terwujudnya kualitas sumberdaya manusia generasi muda yang beriman, bertaqwa, berakhlak, beradat dan berbudaya. "Kita komit dan memiliki keseriusan mendukung kegiatan keagamaan di daerah ini. Buktinya, tahun lampau kita menyalurkan sebanyak Rp2,171miliar lebih buat kegiatan baliak basurau," ungkap Irfendi.

Pembagian dana itu, lanjut Irfendi, diharapkan dapat memacu terwujudnya visi dan misi Kabupaten Limapuluh Kota yang sejahtera, dinamis, yang maju, amanah, bermartabat dan berpendidikan (Yang Mantap), berlandaskan iman dan taqwa.

Dikesempatan itu, Irfendi juga mengucapkan terimasih kepada para orang tua dan guru mengaji yang telah memberikan pendidikan agama pada anak-anak. Ia juga mengajak masyarakat untuk tetap mempertahankan persatuan dan kesatuan serta keamanan dan kenyamanan di daerah ini.

"Mari sama-sama kita pertahankan Kamtibmas dan persatuan di tengah masyarakat. Jangan pernah kita mau diadu domba dan dipecah belah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab," ingat Irfendi.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Menurutnya, Limapuluh Kota termasuk salah satu daerah yang mendapatkan penilaian berkinerja baik dari Presiden Joko Widodo. Atas prestasi itu, daerah ini kebagian hadiah berupa dana DID sebesar Rp50,3 miliar untuk tahun anggaran 2017 ini.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: