Pelajar di Padangpanjang Wajib Hafalkan 1 Ayat Al Quran per Hari

Minggu, 19 Februari 2017, 18:37 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Pelajar di Padangpanjang Wajib Hafalkan 1 Ayat Al Quran per Hari
Wako Padangpanjang, Hendri Arnis berdialog dengan Gusman Piliang (Kakan Kemenag Padangpanjang) usai melaksanakan sholat Jumat di masjid kantor itu, Jumat (17/2/2017). (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemko Padangpanjang akan mewajibkan setiap pelajar dari tingkat Sekolah Dasar sampai tingkat SMA, untuk menghafal al Quran 1 Ayat per hari. Kebijakan tersebut merupakan upaya mewujudkan generasi emas Kota Padangpanjang yang cemerlang secara spritual maupun intelektual.

Hal itu diketahui saat bincang-bincang Walikota Padangpanjang, Hendri Arnis dengan Kepala Kemenag Kota Padangpanjang yang baru saja dilantik, Gusman Piliang usai melaksanakan sholat Jumat di masjid kantor itu, Jumat (17/2/2017).

Hendri Arnis yang bersilaturahmi ke Kemenag, berupaya untuk menyinergikan segala hal untuk memajukan Kota Padangpanjang. Alhasil muncul lah salah satu rumusan untuk mewajibkan pelajar Kota Padangpanjang mengahafal ayat al Quran 1 ayat 1 hari.

"Sebagai orang yang diamanahkan memimpin saat ini, saya berkewajiban untuk membimbing generasi Kota Padangpanjang ini. Mudah-mudahan, dengan kebijakan 1 hari 1 ayat bagi para pelajar, akan bermunculan para cendikiawan Islam dari Kota ini. Saya meyakini orang yang gemar menghafal al Quran adalah orang yang cerdas," ungkap Hendri Arnis.

Baca juga: Fadly Amran: Zakat dan Wakaf adalab Instrumen Keuangan Islam yang Solutif

Sementara, Kepala Kemenag, Gusman Piliang mengungkapkan, sejumlah Perguruan Tinggi Negeri mempunyai kebijakan menerima pelajar yang hafisal Quran tanpa tes. "Di Universitas Andalas Jurusan Kedokteran, menerima pelajar yang hafis al Quran tanpa tes, minimal 5 jus," ungkapnya.

Menindaklanjuti diskusi tersebut, Bagian Kesejahteraan Rakyat pada Setdako Padangpanjang akan me-launching 1 ayat 1 hari bagi pelajar pada Maret Mendatang. "Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, kita akan meluncurkan acara one day one ayat bagi pelajar, Maret mendatang,} ungkap Kabag Kesra, Eri.

Tampak hadir Asisten II Hervik dan sejumlah pejabat kemenag Kota Padangpanjang. (rls/bri)

Baca juga: Fadly Amran Kumpulkan Pimpinan OPD, Bahas Cara Tindak Lanjuti Aspirasi Warga

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: