Gempabumi Menguncang Tua Pejat

Minggu, 12 Februari 2017, 22:34 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Gempabumi Menguncang Tua Pejat
Lokasi gempa 4,1 SR di Mentawai, Minggu (12/2/2017) dinihari. (bmkg)

VALORAnews - Gempa bumi berkekuatan 4,1 skala richter (SR) terjadi Minggu (12/2/2017) dinihari, pada pukul 22.52 WIB. Epicenter gempa yang berjarak 21 Km Barat Daya Kota Tuapeijat, Mantawai ini cukup dikejutkan warga akibat adanya goncangan gempabumi ini.

"Dari hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika Padangpanjang, pusat gempabumi ini berada di laut pada koordinat 2.50 Lintang Selatan dan 99.51 Bujur Timur sekitar 50 kilometer Barat Daya Tua Pejat pada kedalaman 21 kilometer," ungkap Kepala BMKG Padangpanjang, Rahmat Triyono dalam siaran pers yang diterima.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, ungkap Rahmat, goncangan tersebut dirasakan di Tuapeijat dalam Skala Intensitas I SIG BMKG atau II MMI.

"Gempabumi ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi lempeng di samudera Hindia sebelah barat kepulauan Mentawai," terangnya.

Baca juga: KESEHATAN GIGI: Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan Gelar Penyuluhan ke Sekolah

Berdasarkan hasil analisis peta guncangan, gempabumi ini juga dirasakan warga di Pulau Sipora Hasil monitoring BMKG Padangpanjang, belum terjadi gempabumi susulan di titik itu. "Masyarakat kepulauan Mentawai diimbau agar tetap tenang, mengingat gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," harapnya. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: