Irfendi Apresiasi Partisipasi Masyarakat Guguak

Senin, 02 Januari 2017, 11:19 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Irfendi Apresiasi Partisipasi Masyarakat Guguak
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi didampingi tokoh masyarakat Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak, meninjau infrastruktur jalan yang telah selesai dibangun di Nagari Guguak VIII Koto di Jorong Balai Talang, Sabtu (31/12/2016). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengapresiasi partisipasi masyarakat Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak, dalam pembangunan infrastruktur di nagari setempat. Ia berharap swadaya dalam pembangunan itu terus ditingkatkan pada tahun-tahun berikut.

"Saya sangat gembira dan mengapresiasi partisipasi masyarakat Nagari Guguak VIII Koto dalam pembangunan infrastruktur di nagari ini. Keterlibatan atau peran-serta masyarakat itu hendaknya terus dikembangkan dan menjadi contoh bagi nagari lain," ujar Irfendi ketika meninjau dan meresmikan program pembangunan infrastruktur Nagari Guguak VIII Koto di Jorong Balai Talang, Sabtu (31/12/2016).

Dikatakan, dengan keikutsertaan masyarakat, hasil kegiatan pembangunan di nagari terealisasi melebihi target. Swadaya masyarakat tersebut, jelas berkontribusi dalam percepatan pembangunan. Partisipasi masyarakat itu mungkin saja dalam bentuk gotong-royong, bantuan dana atau barang.

"Dengan adanya partisipasi masyarakat, bisa dipastikan realisasi pembangunan akan melebihi target, tidak saja secara kuantitas, namun juga kualitas seperti penegrjaan berbagai infrastruktur di Guguak VIII Koto ini," ujar Irfendi sembari menyebut yakin kualitas dan kuantitas pembangunan yang mengikutsertakan masyarakat tersebut akan lebih baik. karena pengerjaan dilaksanakan dan diawasi langsung oleh masyarakat.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

Baik buruknya nagari, papar Irfendi, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun juga menuntut kepedulian dan partisipasi masyarakat. Pemerintah nagari diharapkan bisa menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran warga untuk berperan serta dalam pembangunan nagari.

"Dalam menunjang pembangunan nagari, kita harus melibatkan swadaya masyarakat. Artinya, pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama dalam pembangunan seperti pembangunan seperti pembangunan infrastruktur di Guguak VIII Koto ini," tutur Irfendi.

Menurut Irfendi, masyarakat akan lebih antusias berperan aktif dan berpartisipasi dalam pembangunan jika pemerintah transparan dalam pelaksanaan pembangunan tersebut. Untuk itu, ia mengajak pihak pemerintahan nagari benar-benar terbuka atau transparan terhadap masyarakat.

Diharapkan Irfendi, masyarakat tidak hanya berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan fisik seperti pembuatan jalan, namun juga terlibat dalam perencanaan pembangunan.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

"Saya melihat, gotong royong masih membudaya di tengah kehidupan masyarakat di Nagari Guguak VIII Koto. Untuk percepatan pembangunan dalam kondisi keterbatasan alokasi dana dari pemerintah, kita berharap budaya gotong royong lebih dihidupkan lagi di tengah masyarakat," ujar Irfendi

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: