Warga Tubeket Layangkan Surat Gugatan ke DDS

Jumat, 30 Desember 2016, 15:18 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Warga Tubeket Layangkan Surat Gugatan ke DDS
Surat warga Dusun Tubeket-Desa Makolok, Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai, yang ditujukan pada Dompet Dhuafa Singgalang, yang diterima Kamis (28/12/2016). (humas)

VALORAnews -- "Selama program yang digagas Dompet Dhuafa dalam Program Bina Sahabat Pedalaman sangat membantu kami warga dusun Tubeket baik secara spiritual/pembinaan agama, pemberdayaan Ekonomi, pembangunan da perubahan perilaku masyarakat. Oleh karena itu kami sangat memohoon kepada bapak pihak Dompet Dhuafa supaya dilanjutkan satu tahun lagi oleh Ustadz Muhammad Hasan Tutupoho."

Layangan surat gugatan yang datang dari warga Tubeket, sontak membuat haru corps Da'i Dompet Dhuafa (Cordofa) dan Dompet Dhuafa Singgalang. Pasalnya, Program Bina Sahabat Pedalaman yang memasuki babak closing program, ternyata sangat disayangkan masyarakat setempat.

"Program ini merupakan program berkala Cordofa. Untuk daerah Sumatera Barat, program ini berlangsung di Dusun Tubeket-Desa Makolok, Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai sejak September 2015 lalu," tutur Ust Hasan yang diutus jadi penanggungjawab program, saat mengunjungi kantor layanan Dompet Dhuafa Singgalang, Kamis (28/12/2016).

Dusun Tubeket dapat dicapai setelah menempuh waktu selama 12-15 jam mengarungi Samudera Hindia. Kondisi geografis daerahnya masih pekat dengan adat budayanya dari suku asli pedalaman. Sistem kepercayaan Mentawai yang didominasi paham animisme, masih membayang-bayangi Islam di Tubeket.

Baca juga: 7 Website Penghasil Uang Terbukti Membayar Desember 2023, Misi Survey Hingga Nonton Video

Namun, kedatangan Ust Hasan mengubah segalanya, tak hanya dibina secara spiritual, namun juga pembekalan dalam berwirausaha, ekonomi dan pendidikan, hingga pembenahan tatanan dusun serta sumber daya lokal.

Di paragraf terakhir surat, masyarakat juga mengungkapkan bahwa banyak program yang sama dari lembaga berbeda yang turut hadir di Tubeket, namun masyarakat merasa tidak puas dan menggugat Dompet Dhuafa agar melanjutkan perpanjangan program di Tubeket. (rls/kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: