Upacara Hari Bela Negara di Padang, Hendri: Jadilah Orang Bermanfaat

Rabu, 21 Desember 2016, 08:24 WIB | News | Kota Padang Panjang
Upacara Hari Bela Negara di Padang, Hendri:  Jadilah Orang Bermanfaat
Wako Padangpanjang, Hendri Arnis (berdiri) berdialog ringan dengan St Riska Tuanku Kerajaan (Bupati Dharmasraya), disela-sela upacara Hari Bela Negara yang dipusatkan di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Senin (20/12/2016). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Saat ini, tantangan serta ancaman terhadap kedaulatan bangsa terus berkembang, baik fisik maupun non fisik. Ancaman berkembang bersifat multidimensi, bersumber dari ideologi, politik ekonomi dan sosial budaya. Dari hal tersebut, lahirlah ancaman acaman nasional seperti korupsi, narkoba, ekstrimisme, teroris dan lainnya.

"Dalam menghadapi ancaman yang multidimensi tersebut maka konsep bela negara yang kita miliki juga harus bersifat multidimensi," ungkap Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu saat membacakan amanat Presiden Jokowi pada Upacara Hari Bela Negara yang diselenggarakan di Lapangan Imam Bonjol Padang, Senin (20/12/2016).

Upacara tersebut dihadiri seluruh elemen masyarakat se-Sumatera Barat. Meskipun dalam guyuran hujan upacara tetap berlangsung khidmad. Tampak hadir Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, para walikota dan bupati se-Sumatera Barat serta para pejabat TNI dan Polri.

"Kita bisa membela negara dengan memberantas narkoba, melawan praktek korupsi, pungli, mencegah berkembangnya bibit bibit ekstrimis dan teroris di nusantara ini. Bagi saya, memberantas aksi pencurian ikan berjuta ton pertahun diperairan kita juga termasuk tindakan bela negara," katanya.

Baca juga: Bidar Alam jadi Pusat Peringatan HBN

Dalam amanat Presiden Jokowi yang disampaikan Ryamizard Ryacudu disebutkan, banyak hal yang bisa dilakukan untuk membela negara seperti upaya bisa tegak berdikari secara ekonomi dengan mendirikan UKM dan menjadi wiraswasta, upaya mengatasi ancaman kemiskinan, keterbelakangan dan ketertinggalan.

"Diera kompetisi global sekarang, kesadaran bela negara bisa diaktualisasikan dalam peran dan profesi setiap warga negara. Contohnya pengabdian para guru, bidang, tenaga kesehatan yang tengah berjuang melakukan upaya dipelosok tanah air, di kawasan perbatasan di pulau terdepan, sesungguhnya hal itu bentuk mulia belanegara," ungkapnya.

Menurutnya, anak muda yang kreatif yang menegakkan kebhinekaan, peduli lingkungan adalah bentuk mulia dari bela negara. Itulah wujud bela negara sekarang yang tentunya berbeda dengan masa lalu. Kendati demikian nilai nilai kepahlawanan yang dibutuhkan masih tetap sama.

Walikota Padangpanjang, Hendri Arnis yang juga hadir saat itu menyampaikan sangat sependapat dengan apa yang diamanatkan presiden Jokowi tentang bela negara.

Baca juga: Mahyeldi Komunikasikan Rangkaian Kegiatan HBN ke Kemenhan RI

"Kepada masyarakat Kota Padangpanjang, mari kita ciptakan kota yang aman, damai dan sejahtera sebagai wujud bela negara," harapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024