Limapuluh Kota Dapat DID Rp49 Miliar

Kamis, 15 Desember 2016, 01:38 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Limapuluh Kota Dapat DID Rp49 Miliar
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menerima penghargaan dari Menkeu RI, Sri Mulyani Indrawati yang diserahkan Kakanwil Ditjen Pembendaharaan Sumbar, Supriyo, Rabu (14/12/2016). Penghargaan ini diraih atas keberhasilan meraih peringkat WTP pada penyajian
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mendapat penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati atas keberhasilan Pemkab Limapuluh Kota menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2015 dengan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan laporan keuangan pemerintah.

Penghargaan bergengsi itu diserahkan Kakanwil Ditjen Pembendaharaan Sumbar, Supriyo pada Irfendi Arbi di eks kantor bupati di Payakumbuh didampingi Kepala Iwan Hanafi (KPPN Bukittinggi) dan Suprapto (Kepala Kantor Pelayanan Pajak Payakumbuh), Rabu (14/12/2016).

Pemkab Limapuluh Kota di bawah pimpinan Irfendi, dinilai berhasil dan bisa merebut penghargaan itu karena, laporan keungan pemerintah daerahnya sudah mendapatkan WTP, kinerja kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerahnya bagus

"Dengan begitu, daerah ini juga berhak mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) yang besar di atas Rp49 miliar pada 2017 di samping itu juga penghargaan dari pemerintah RI terkait dengan WTP," ungkap Supriyo.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

Diharapkan Supriyo, WTP dan kinerja kesehatan fiskal, kemampuan daerah, pelayanan publik dan pelayanan dasar publik, kinerja ekonomi dan kesejahteraan tetap dipertahankan agar tetap bagus. Penilaian kesehatan fiskal tersebut, terdiri dari 11 variabel, pelayanan dasar sebanyak 7 variabel. Berikutnya, ekonomi dan kesejahteraan termasuk pertumbuhan ekonomi, pengurangan kemiskinan, pengurangan pengangguran dan pengendalian inflasi.

Diakuinya, Limapuluh Kota termasuk daerah yang hebat. Tak heran, berhasil merebut berbagai prestasi tingkat nasional. "Menurut saya, Pemkab Limapuluh Kota termasuk hebat. Mudah-mudahan kebolehan itu bisa dipertahankan dan ditingkatkan di masa mendatang," harap Supriyo.

Sementara, Irfendi Arbi mengaku gembira mendapatkan penghargaan tersebut. Menurutnya, ini merupakan keberhasilan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Limapuluh Kota. "Ini keberhasilan ASN Limapuluh Kota dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan dengan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah," ujar Irfendi.

Diharapkan Irfendi, penghargaan itu dapat lebih memotivasi Pemkab Limapuluh Kota untuk meningkatkan kinerjanya ke depan. "Kita berharap ini menjadi salahsatu pemicu bagi kita untuk lebih meningkatkan kinerja termasuk laporan keuangan," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Selain sukses berhasil menyusun dan menyajikan laporan keuangan 2015 dengan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan laporan keuangan pemerintah, sebelumnya Irfendi Arbi juga meraih Penghargaan Produktivitas Siddhakarya 2016 serta merebut penghargaan'National Procurement Award 2016' dengan Kategori Penerapan Standar Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: