Siswa SMA Halaban Dimotivasi Pesepakbola Patricio Diaz

Kamis, 10 November 2016, 08:23 WIB | Sport | Kab. Lima Puluh Kota
Siswa SMA Halaban Dimotivasi Pesepakbola Patricio Diaz
Wakil Bupati Limapuluh Jkota, Ferizal Ridwan, foto bersama dengan pemain naturalisasi Muhammad Patricio Jimenez Diaz dan para atlet pelajar dan Kepsek di SMAN I Lareh Sago Halaban. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Animo masyarakat Limapuluh Kota terhadap dunia olahraga khususnya sepak bola, kian berkembang terutama di kalangan generasi muda. Ini jadi salah satu sasaran pemerintah daerah setempat, guna mengatrol kreativitas serta menggali talenta para bibit-bibit atlit masa depan.

Hal itu jadi arahan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, saat memberi pembinaan dan motivasi di SMAN I Lareh Sago Halaban, Rabu (9/11/2016) siang. Tak tanggung-tangung, dalam rangka pembinaan motivasi ke puluhan atlet di sekolah itu, Ferizal memboyong mantan pesepakbola nasional, Muhammad Patricio Jimenez Diaz.

Menurut Ferizal, kehadirannya bersama mantan pemain Persib Bandung dan PSMS Medan tersebut ke sekolah tingkat SMA di Limapuluh Kota, yakni membawa program pembinaan sepakbola. Sebab, bekas pesepak bola berdarah Villa Alegre, Chili, akan berbagi pengalamannya selama 8 tahun malang-melintang di kancah sepak bola nasional.

"Kebetulan, beliau (Patricio-red) sekarang aktif sebagai pembina di MPP, sebuah lembaga pembinaan kepemudaan dan keolahragaan. Di samping atlet, beliau juga sarjana ilmu pendidikan dan dokter pisikologi," sebut Ferizal, memperkenalkan sosok pesepakbola yang sudah tidak asing di kalangan pelajar pencinta sepakbola.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

Sebagai ketua Pengcab PSSI Limapuluh Kota, Ferizal mengaku, sengaja mengundang Patricio setelah beberapa waktu lalu menjalin komunikasi di Kementrian Pemuda dan Olahraga RI di Jakarta. Tujuannya agar memberikan motivasi dan program sepakbola bagi kalangan pelajar SMA di Luak Nan Bungsu.

Patricio, kata Ferizal, dinilai menjadi salah satu pemain naturalisasi inspiratif yang pernah mengecap beberapa klub besar di Indonesia. Mulai dari Semen Padang FC, Sriwijaya FC, Persib Bandung hingga terakhir di PSMS Medan.

Karena lama bergaul dan menetap di Indonesia, Patricio jadi seorang mu'allaf setelah menikah dengan wanita asli Kota Padangpanjang, Sumatera Barat. "Sebelum menanggalkan sepatu, beliau bermain untuk PSMS Medan pada musim kompetisi Superliga Indonesia 2008 lalu," tambah Ferizal.

Kendati sudah pensiun, saat ini, Patricio melalui MPP masih fokus mengurusi perkembangan dunia olahraga sepakbola. Dia bahkan telah beberapa kali diajak serta Menpora, Imam Nachrowi, menjalankan kerjasama program kepemudaan, untuk perencanaan pembinaan generasi olahraga.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Dia berharap, adanya motivasi dan pembinaan langsung dari pelaku olahraga sepakbola nasional, dapat membangkitkan semangat sportifitas kalangan pelajar. "Saya ingin, ke depan olahraga tidak sekadar hobi, tapi dapat menjadi potensi daerah yang bisa kita diprogramkan," harap Ferizal dalam pemberian pembinaan dan motivasi dipandu Kepsek SMAN I Lareh Sago Halaban hingga para penggiat olahraga yang juga para pengurus PSSI Limapuluh Kota.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024