Danrem 032/Wbr Tinjau Kondisi Mentawai Pascagempa

Sabtu, 05 Maret 2016, 09:49 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Danrem 032/Wbr Tinjau Kondisi Mentawai Pascagempa
Komandan Korem 032 Wirabraja Sumbar Brigjen TNI Bhakti Agus disambut Yuddas Sabaggalet (bupati Mentawai) serta unsur Forkopimda di pelabuhan Tua Peijat, Sabtu (5/3/2016). (penrem 032/wbr)

VALORAnews - Korem 032/Wbr beserta Badan SAR Nasional dan TNI, mengunjungi Kepulauan Mentawai. Kunjungan tersebut untuk memastikan kondisi Mentawai pascagempa 7,8 SR pada Rabu (2/3/2016).

"Kita ingin memastikan kondisi Mentawai secara langsung," kata Komandan Korem 032 Wirabraja Sumbar Brigjen TNI Bhakti Agus dalam siaran persnya, Sabtu (5/3/2016.)

Perjalanan ke Mentawai memakan waktu hingga empat jam lebih. Sesampai di Mentawai, tim mengunjungi lokasi terdampak, seperti Sikakap, Sipora, Siberut dan Tua Peijat.

BMKG sebelumnya sudah mencabut peringatan tsunami pasca gempa berkekuatan 7,8 skala richter di Kepulauan Mentawai. Namun, ternyata tercatat tsunami tetap terjadi meski dalam skala yang kecil.

Baca juga: 600 Jiwa di Kepulauan Mentawai Mengungsi

Hasil pengamatan tim di lapangan, pascagempa berkekuatan 7,8 skala richter tidak ada kerusakan bangunan/rumah dan tidak ada korban jiwa. "Masyarakat di Sikakap, Pagai Selatan, Sipora, Siberut dan Kepulauan Mentawai lain dalam kondisi aman dan mengungsi di tempat pengungsian," tambah Kapenrem 032/Wbr, Mayor Kav Deswanto.

Begitu pula di daerah-daerah di pulau dan sepanjang pantai Barat Sumatera seperti Nias Selatan, Nias, Simeuleu, Aceh Singkil, Aceh Barat, Muko-Muko, daerah di sepanjang Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu dan Lampung juga dilaporkan aman. Tidak ada korban jiwa, kerusakan bangunan.

Setelah status tsunami dicabut Masyarakat Kepulauan Mentawai sudah kembali ke rumah masing-masing dengan tenang. (rel)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: