PKD 2024 Berakhir, Audy Joinaldy: Promosi Budaya Diperlukan, Komunitas Seniman Butuh Dukungan Finansial

Senin, 07 Oktober 2024, 21:15 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
PKD 2024 Berakhir, Audy Joinaldy: Promosi Budaya Diperlukan, Komunitas Seniman Butuh...
Plt Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menyerakan penghargaan pada pemenang lomba yang digelar pada ajang Pekan Budaya Daerah (PKD), tanggal 2-6 Oktober 2024, di sesi penutupan, Ahad malam. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Menurutnya, kebersamaan ini diharapkan dapat memicu perubahan positif di dunia budaya, terutama bagi generasi muda agar lebih memahami dan mencintai budaya sendiri.

Meski diguyur hujan selama lima hari pelaksanaan, Audy bersyukur semua rangkaian acara tetap berlangsung dengan lancar, termasuk penyerahan Anugerah Kebudayaan Sumbar 2024 kepada tujuh penerima.

Sejak tahun 2020, total sudah 35 anugerah diberikan kepada tokoh-tokoh yang berjasa dalam melestarikan budaya, seperti Buya Mas'oed Abidin, Chairul Harun dan banyak lagi.

Selain itu, PKD 2024 juga diramaikan dengan lomba mural bertema hiasan Minangkabau, lomba Mars Sumbar tingkat SMA, lomba cerpen yang diikuti 173 penulis se-Indonesia dan lomba fotografi dengan 105 peserta dari berbagai daerah di Sumbar.

Tidak ketinggalan, ada pula diskusi seni rupa, workshop manajemen event kesenian, pertunjukan sipak rago, serta bazar kuliner dan UMKM.

"Sebagai bagian dari rangkaian Hari Jadi Sumbar ke-79, PKD tahun ini menjadi ajang penting untuk melibatkan semua generasi dalam melestarikan kebudayaan."

"Generasi tua sebagai penjaga tradisi, dan generasi muda sebagai penerusnya. Ini adalah kolaborasi yang penting untuk masa depan budaya kita," ucap Audy.

Di akhir acara, Audy menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi.

Terutama sekali kepada seniman dari 19 kabupaten/kota, komunitas, sekolah, hingga perupa yang memamerkan karya di Galeri Taman Budaya.

"Sumatera Barat adalah anugerah Tuhan yang harus kita syukuri," katanya.

Audy juga mengucapkan terima kasih kepada panitia, pengisi acara, vendor, serta para fotografer dan volunteer yang telah bekerja keras untuk menyukseskan PKD 2024.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024