Irsyad Safar: Event PKD Bisa Pengaruhi Gerakan Pelestarian Kebudayaan

Minggu, 06 Oktober 2024, 23:55 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Irsyad Safar: Event PKD Bisa Pengaruhi Gerakan Pelestarian Kebudayaan
Ketua Sementara DPRD Sumbar, Irsyad Safar didampingi Hansastri (Sekdaprov) meninjau pameran foto yang digelar pada PKD Sumbar 2024, di Zona C Taman Budaya Sumbar, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (2/10/2024) -- Ketua Sementara DPRD Sumbar, Irsyad Safar mengatakan, dibanding dengan daerah lain di Indonesia, Sumbar merupakan daerah yang memiliki keberagaman budaya yang khas.

Pelestarian pun menjadi hal yang harus terus dipertahankan dan kemudian bisa menjadi jalan untuk pengembangan lebih baik kedepannya.

"DPRD Sumbar mengapresiasi kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) ini. Kami berharap, kegiatan ini bisa memberi pengaruh besar dalam pelestarian kebudayaan," kata Irsyad Safar.

Hal itu dikatakannya, saat menghadiri pembukaan PKD Sumbar 2024, di Zona C Taman Budaya Sumbar, Rabu.

Baca juga: Penyadartahuan Indonesia's Folu NET SINK 2030, Sekda: Sumbar Komit Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

Penyelenggaraan PKD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ini, jadi salah satu kegiatan yang diharapkan dapat memberi pengaruh besar dalam pelestarian kebudayaan.

Dalam sambutannya, Irsyad mengungkapkan, kebudayaan yang bisa bertahan lama adalah kebudayaan yang tersambung langsung dengan ideologi masyarakatnya.

"Kebudayaan bisa bertahan lama kalau tersambung langsung dengan ideologi," katanya.

Dikesempatan itu Irsyad mengatakan, DPRD Sumbar pun baru-baru ini juga telah menyelesaikan pembahasan terkait Perda Tentang Pemajuan Kebudayaan Daerah, Pengelolaan Museum dan Pelestarian Cagar Budaya.

Baca juga: 40 DPRD Pasaman Barat 2024-2029 Dilantik, Ini Harapan Sekdaprov Sumbar

Dia mengatakan, di tengah hantaman gelombang globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang sangat masif sekali, terjadi degradasi nilai-nilai, norma dan budaya yang diyakini, termasuk nilai-nilai adat budaya minangkabau dengan filosofi ABS-SBK dan aplikasikan dalam kehidupan.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024