Irsyad Safar: Event PKD Bisa Pengaruhi Gerakan Pelestarian Kebudayaan

Minggu, 06 Oktober 2024, 23:55 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Irsyad Safar: Event PKD Bisa Pengaruhi Gerakan Pelestarian Kebudayaan
Ketua Sementara DPRD Sumbar, Irsyad Safar didampingi Hansastri (Sekdaprov) meninjau pameran foto yang digelar pada PKD Sumbar 2024, di Zona C Taman Budaya Sumbar, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Perlu sekali kita memperbaharui komitmen dan nilai-nilai yang kita anut tersebut secara terus menerus, agar tetap ada dan tetap terpatri di hati sanubari anak nagari," ulasnya.

Irsyad menegaskan, agar bagaimana adat istiadat dan kebudayaan bisa diterapkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

"Kebudayaan merupakan salah satu bidang yang sangat penting untuk diperhatikan dalam kerangka perencanaan pembangunan, baik dalam skala nasional, daerah, maupun dalam praktik kehidupan sehari-hari," pungkasnya.

Baca juga: Pemprov Sumbar Raih Bapanas Award 2024, Terima Hadiah Mobil SPHP

PKD Sumbar ini digelar tanggal 2-6 Oktober 2024, yang menampilkan sejumlah penampilan seni tradisi, penyerahan anugerah kebudayaan, pameran seni rupa, lomba lagu Mars Sumbar dan diramaikan juga dengan bazar kuliner dari UMKM.

Sementara itu, Sekdaprov Sumbar, Hansastri mengatakan, PKD Sumbar dengan tema Rantak Budaya ini bakal jadi spirit kebersamaan di tengah keberagaman seni dan budaya yang ada di provinsi ini.

"Dengan kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi Sumbar ke 79 ini, juga sebagai promosi budaya, yang memang perlu terus diperkuat," terang dia mewakili Plt Gubernur Sumbar.

"Iven tahunan juga jadi wadah memfasilitasi keberagaman budaya, serta bentuk pengenalan budaya ke generasi muda," tambah dia.

Di sisi lain, katanya, PKD ini juga sebagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengangkat potensi budaya yang ada di Sumbar dan merawat eksistensi pada penggiat seni dan budaya lintas generasi.

Dipembukaan PKD Sumbar ini juga ditampilkan sejumlah pertunjukan seni tradisi, seperti penampilan tari, musik gamad oleh Pituah Minang Grup, pertunjukan saluang pauah dan penampilan kesenian dari Padang Pariaman. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024