293 Warga Binaan Lapas Lubuk Basung Terima Remisi HUT RI ke-79, Tiga Langsung Bebas

Minggu, 18 Agustus 2024, 20:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
293 Warga Binaan Lapas Lubuk Basung Terima Remisi HUT RI ke-79, Tiga Langsung Bebas
Bupati Agam, Andri Warman serahkan remisi langsung bebas pada tiga orang WBP Lapas Lubuk Basung, usai upacara HUT RI ke-79, Sabtu. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (17/8/2024) - Sebanyak 293 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Lubuk Basung, dapatkan remisi dalam rangka memperingati HUT RI ke-79.

Pemberian remisi ini didasarkan pada Surat Keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI dengan Nomor: PAS-1616.PK.05.04 Tahun 2024.

Remisi ini jadi salah satu bentuk penghargaan terhadap warga binaan yang telah menunjukkan perilaku baik selama menjalani masa pidana.

Dari total penerima remisi, sebanyak 290 orang mendapatkan Remisi Umum I (RU I). Penerima RU I ini masih harus melanjutkan sisa hukuman, meski masa pidana yang harus dijalani menjadi lebih singkat berkat pengurangan waktu yang diberikan.

Baca juga: Bupati Agam Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 54 Pengurus Bamus Nagari

Sementara itu, tiga orang lainnya memperoleh Remisi Umum II (RU II), yang memungkinkan mereka untuk bebas langsung pada 17 Agustus 2024.

Upacara penyerahan remisi ini dilaksanakan di Kantor Lapas Kelas II B Lubuk Basung dan dipimpin Bupati Agam, Andri Warman, Sabtu.

Dalam acara yang penuh khidmat tersebut, Andri Warman juga membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM.

Dalam sambutannya, dia menekankan pentingnya remisi sebagai wujud apresiasi dari negara kepada warga binaan yang telah menunjukkan perubahan positif dan kepatuhan terhadap aturan selama menjalani masa pidana.

Baca juga: Bupati Agam Bersama Grup Tarak Tacin Meriahkan Reuni Gadang 2024 IASMA Landbouw

Dia juga mengajak seluruh warga binaan yang menerima remisi, untuk menjadikan momen ini sebagai motivasi untuk dapat kembali menjalani kehidupan serta membaur bersama masyarakat dan meningkatkan partisipasi dalam program pembinaan yang disediakan Lapas.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: