Menyigi Program Bang Wako dan Energi di Tahun Politik

Sabtu, 23 Maret 2024, 23:39 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Menyigi Program Bang Wako dan Energi di Tahun Politik
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar.

Untuk siswa SMA, SMK dan SLB Swasta sebanyak 698 siswa diberi bantuan hibah untuk bayar iuran komite setiap bulan.

Para guru honor yang sudah lama berharap dapat tambahan penghasilan, Walikota Erman Safar pun merealisasikan.

Sebanyak 98 orang guru honorer SLTA Negeri mendapat tambahan honor setiap bulan. Sementara guru honorer di SLTA Swasta dapat tambahan honor bulanan berupa hibah.

Program Ekonomi dan Sosial

Peningkatan taraf ekonomi masyarakat distimulan dengan gagasan baru berupa program Tabungan Utsman bekerjasama dengan BPR Syariah Jam Gadang.

Melalui program ini, Pemko menanggung sepenuhnya beban jasa pinjaman modal usaha peserta Tabungan Utsman. Di samping itu, bantuan usaha untuk kaum wanita rentan juga digulirkan.

Perhatian pada keluarga miskin, tidak mampu, secara rutin disalurkan kebutuhan bahan pokok berupa beras berkualitas standar. Juga ada program jaminan kebutuhan berupa Warung Utsman. Warga kota yang menjadi sasaran program ini mendapat kartu belanja gratis di warung yang telah ditentukan.

Pembiayaan program sosial untuk kesejahteraan masyarakat dananya diusahakan Walikota tidak hanya dari APBD. Tetapi juga dari APBN, Baznas, partisipasi masyarakat dan CSR BUMD-BUMN.

Rumah Tahfidz dan BAM

Dalam visi misi sektor pendidikan, agama dan adat, Walikota Erman Safar, dalam dua tahap (2022 dan 2023) juga merealisasikan berdirinya rumah tahfidz di setiap kelurahan.

Ada 24 rumah tahfidz di kota Bukittinggi yang biaya operasionalnya ditanggung pemerintah.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: