Menyigi Program Bang Wako dan Energi di Tahun Politik

Sabtu, 23 Maret 2024, 23:39 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Menyigi Program Bang Wako dan Energi di Tahun Politik
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar.

Demi Kesejahteraan

Pada APBD perubahan Erman Safar baru dapat melakukan sedikit pergeseran anggaran. Beberapa program untuk mendorong pergerakan ekonomi yang sedang stagnan, dilakukan. Bantuan langsung kepada masyarakat yang kesulitan bahan pangan, direalisasikan.

Pada tahun kedua, 2022, Walikota Erman Safar mulai merealisasikan visi-misi yang ditawarkan saat kampanye. Di mana, alokasi anggaran diutamakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Erman Safar Daftar jadi Calon Wali Kota ke Partai Golkar, Partai Kelima yang Dilirik untuk Nyalon

Hal itu terlihat dalam APBD 2022 dan 2023 Kota Bukittinggi. Postur anggaran dan program dibuat Erman Safar berbeda secara signifikan dengan walikota sebelumnya.

Berbagai program yang bertujuan membantu masyarakat miskin digulirkan. Di bidang kesehatan, ada beberapa program dijalankan.

Pertama, warga dari keluarga miskin dibayarkan iuran BPJSnya. Tujuannya agar setiap warga kota bisa berobat ke rumah sakit tanpa terkendala biaya.

Setiap tahun juga dianggarkan Rp9 miliar untuk membayarkan jaminan kesehatan warga kurang mampu. Pada tahun 2023 kemarin, 95 persen warga Kota Bukittinggi telah memiliki jaminan kesehatan. Untuk berobat warga cukup membawa KTP.

Kedua, warga tidak mampu yang bekerja mandiri beresiko tinggi, diberi bantuan berupa jaminan sosial tenaga kerja. Ada 2.918 warga yang mendapat jaminan kecelakaan kerja dan kematian. Premi asuransi (baca; jaminan kecelakaan dan kematian) dibayarkan Pemko setiap bulannya.

Iuran Komite dan Guru Honor

Di sektor pendidikan Erman Safar punya terobosan baru berupa bantuan iuran komite sekolah SLTA Negeri dan Swasta. Sebanyak 5.097 siswa SMAN, SMKN dan SLBN uang iuran komite sekolah dibayarkan Pemko Bukittinggi tiap bulannya.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: