Menyigi Program Bang Wako dan Energi di Tahun Politik

Sabtu, 23 Maret 2024, 23:39 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Menyigi Program Bang Wako dan Energi di Tahun Politik
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar.

Dalam tahun kedua, 2022, Walikota Erman Safar juga mengeksekusi penerapan kurikulum adat Minang dan agama di SD dan SMP se-Bukittinggi.

Tujuan pelajaran muatan lokal adat untuk tetap terjaganya nilai-nilai Adat dan budaya Minang pada generasi muda/mendatang.

Stasiun Lambuang

Setelah berbagai program di sektor pendidikan, kesehatan, sosial, kemiskinan yang urgen berjalan baik, Walikota Erman Safar merancang fasilitas ekonomi UMKM.

Lahan eks. Stasiun Kereta Api, yang sejak 2017 kosong, dibangun pusat kuliner, diberi nama: Stasiun Lambuang. Area strategis seluas 2,7 ha itu, dibangun dua tahun anggaran, sudah resmi dibuka 6 Maret 2024.

Terletak di posisi strategis, penampakan Stasiun Lambuang terlihat modern, hadir sebagai pusat kuliner terbesar di Sumbar.

Sekarang, ada 116 gerai dengan ratusan macam kuliner yang siap dinikmati wisatawan.

Stasiun Lambuang juga menjadi destinasi wisata baru di Bukittinggi. Dalam tiga tahun terakhir, kunjungan wisatawan ke Bukittinggi selalu meningkat.

Tahun 2021 tercatat 800 ribu wisatawan ke Bukittinggi. Tahun 2023 naik jadi 1,2 juta wisatawan. Kehadiran Stasiun Lambuang yang viral, dalam tahun 2024 kunjungan wisatawan ke Bukittinggi diharapkan bisa dekati angka 2 juta.

Multiple-effect, efek berganda Stasiun Lambuang akan menggerakkan perekonomian Bukittinggi kian kencang. Ratusan KK masyarakat pelaku UMKM, tidak hanya naik level dari K-5 ke gerai kuliner yang lebih profesional.

Juga bakal meningkatkan kesejahteraan pengusaha UMKM. Pendapatan daerah juga akan terkerek lebih tinggi. PAD Bukittinggi tahun 2023 sudah mencapai Rp137 miliar. Tahun 2024 ditargetkan Rp153 miliar.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: