5 Kuliner yang Cuma Ada di Sumbar, Emang Boleh se-Khas Ini?

Jumat, 26 Januari 2024, 15:06 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
5 Kuliner yang Cuma Ada di Sumbar, Emang Boleh se-Khas Ini?
Ilustrasi Wisata Kuliner khas Sumbar (foto: Canva)

SETIAP daerah tentunya memiliki ciri khas terkait wilayah terkait, termasuk Sumatera Barat (Sumbar) yang punya banyak kulinernya.

Kalau kamu familiar dengan Rendang khas Sumbar, tapi ternyata bukan cuma itu. Karena ada beberapa jenis cemilan lain, yang tak kalah khas.

Melansir informasi dari berbagai sumber, bahwa 5 kuliner jenis cemilan ini cuma ada di Sumbar loh. Kira-kira apa saja ya? Baca artikel ini ya!

Sehingga dapat menambah pengetahuanmu, jadi ketika kamu mengunjungi wilayah Padang dan sekitarnya sudah sangat familiar dengan jenis makanan tersebut.

Baca juga: Ini Jadwal Penting Pilkada Serentak di 12 Kabupaten, 7 Kota dan Provinsi se-Sumatera Barat

Di tulisan ini, Valora News akan menjabarkan satu persatu hidangan tersebut beserta asal-usulnya hingga tahapan pembuatannya dan keunikan yang membuatnya khas.

5 Kuliner Khas Sumbar Banget

1. Sagun

Pertama yaitu Sagun yang menurut TikTok @denaitv_1 berasal dari salah satu Nagari di Sumbar yang bernama Tanjuang Gadang, dengan tahapan pembuatannya yaitu di Sanggrai.

Sagun ini dibuat menggunakan tepung beras ketan, parutan kelapa dan gula merah yang disanggrai hingga berwarna kecoklatan dengan campuran parutan kelapa dan dicetak gula merah.

Baca juga: SENGKETA PEMILU: It Arman Caleg PPP Dituntut 2 Tahun Penjara

Uniknya, Sagun ini pembuatannya tidak dibakar meskipun ada jenis lain yang dibakar. Tapi tidak dengan kuliner khas Tanjuang Gadang tersebut, bahkan menurut @denaitv_1 kuliner ini jarang dipasarkan.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: