Banjir masih Landa 10 Kabupaten Kota di Riau, BNPB Salurkan Bantuan Sembako

Jumat, 19 Januari 2024, 21:15 WIB | Kabar Daerah | Kota Pekanbaru
Banjir masih Landa 10 Kabupaten Kota di Riau, BNPB Salurkan Bantuan Sembako
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako Pekanbaru, Masykur Tarmizi menghadiri Rakor bersama BNPB terkait penanganan darurat bencana banjir di Balai Serindit, Gedung Daerah Riau, Pekanbaru. (humas)

PEKANBARU (19/1/2024) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serahkan bantuan logistik dan sembako bagi warga Kecamatan Rumbai. Diketahui, Rumbai merupakan wilayah terluas yang terdampak banjir di Kota Pekanbaru.

"Kepala BNPB, Suharyanto langsung turun meninjau masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Rumbai sekaligus menyerahkan bantuan logistik," ungkap Kepala BPBD Pekanbaru, Zarman Candra di Balai Serindit, Gedung Daerah Riau, Jumat.

Dikatakan, Pemko Pekanbaru berterima kasih pada gubernur Riau, yang memberikan perhatian kepada Pekanbaru.

"Gubernur mendukung sarana dan prasarana bagi masyarakat yang terdampak banjir di Rumbai," ujar Zarman.

Baca juga: Wali Nagari Gadut Antarkan Bantuan Makanan dari Warganya untuk Korban Banjir Lahar Dingin

Hasil rekapitulasi BPBD, ada beberapa kecamatan yang terdampak banjir. Antara lain, Rumbai Timur, Tenayan Raya, Marpoyan Damai, Limapuluh, Payung Sekali dan Senapelan.

"Kecamatan tersebut, dilintasi Sungai Siak. Ini lah pemicu utama banjir di kawasan itu," ungkapnya.

Sementara, Suharyanto usai meninjau banjir di Kecamatan Rumbai, Kamis (18/1/2024), mengatakan, 10 kabupaten dan kota sedang dilanda banjir besar di Riau.

"Pemprov Riau dan kabupaten-kota telah menerapkan status tanggap darurat dan siaga darurat. Sehingga, pemerintah pusat harus hadir," ungkapnya.

Baca juga: Hari Kelima Banjir Lahar Dingin di Agam, 22 Korban Meninggal Dunia Ditemukan, Sinergisitas Diperkuat

"Presiden Jokowi langsung memerintahkan saya datang ke Riau. Saya sudah meninjau di tiga wilayah yaitu Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Pelalawan, dan Kota Pekanbaru," ujar Suharyanto.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: