Kunjungan Wisatawan ke Padang Tahun 2023 Tembus Angka 2,855 Juta, Ini Tempat Wisata yang Rugi jika Tak Dikunjungi

Jumat, 05 Januari 2024, 09:30 WIB | Wisata | Kota Padang
Kunjungan Wisatawan ke Padang Tahun 2023 Tembus Angka 2,855 Juta, Ini Tempat Wisata yang...
Kepala Dinas Pariwisata Padang, Yudi Indra Syani. (veri rikiyanto)

Di tingkat pertama, air meluncur di bebatuan yang tersusun rapi seperti piramida serta memiliki tinggi sekitar 15 meter, lalu, di tingkat kedua, air meluncur dari alur sungai yang menyempit. Tingginya sekitar 25 meter.

Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam secara administratif berada di Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan yang indah. Ketinggian masing-masing air terjun dimulai sekitar 2 meter, 10 meter, dan 20 meter.

Air Terjun Lubuak Tampuruang

Air Terjun Lubuak Tampuruang berada di Gunung Sarik, Kuranji, Padang. Lubuak Tampuruang terdiri dari air terjun kecil dari sungai yang mengalir tidak terlalu deras. Lubuak Tampuruang berasal dari kata Lubuak yang berarti kolam alami dan Tampuruang yang berarti batok kelapa. Nama ini diambil karena bentuk air terjun yang kecil dan sungainya hampir membentuk setengah lingkaran seperti batok kelapa.

Air Terjun Lubuak Rantiang

Lubuak Rantiang merupakan tempat wisata di Padang berupa air terjun yang memiliki kolam di aliran sungainya. Lokasinya berada di daerah Sungai Bangek. Meskipun hanya setinggi 6 meter, namun air terjun yang dikenal dengan Lubuak Ngalauan, atau Sarasah Lubuak Rantiang ini menyuguhkan panorama indah. Belum lagi dilengkapi dengan air berwarna kehijauan bening yang sangat menyegarkan untuk berenang.

Lubuk Paraku

Wisata Padang Lubuk Paraku berada di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Objek wisata sungai Lubuak Paraku ini terletak di tepian jalan antara Kota Padang dan Kota Solok. Air sungai Lubuk Paraku memang masih jernih hingga dasar sungai yang dipenuhi bebatuan kecil sangat jelas terlihat.

Pemandian Lubuk Minturun

Sesuai namanya, Pemandian Lubuk Minturun bentuknya berupa sebuah lubuk yang berada di Lubuk Minturun yang merupakan bagian dari Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Pemandian ini sudah terbentuk secara alami dan berumur sudah cukup tua. Konon, menurut cerita dulunya adalah tempat mandi nona-nona Belanda pada tempo dulu. Area di sekitar lokasi terasa sejuk karena kerindangan lingkungannya yang memang masih terjaga rimbun.

Danau Cimpago

Danau Cimpago terletak di Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Purus, Padang. Danau seluas dua hektar ini pada awalnya dibuat sebagai drainase untuk mengendalikan banjir di kota Padang, yang kemudian juga sambil berfungsi sebagai tempat ekowisata masyarakat sekitar. Khususnya pada akhir pekan, tempat wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan sekitarnya.

Bendungan Niagara Koto Pulai

Tempat wisata di Padang berikutnya adalah Bendungan Niagara Koto Pulai. Sesuai namanya, bendungan ini memiliki bentuk layaknya air terjun niagara. Lokasinya berada di Koto Pulai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Awalnya, Bendungan Koto Pulai ini bukanlah tempat wisata, namun karena keindahan pemandangan dan bentuknya yang menyerupai Niagara, lokasi ini mulai sering didatangi pengunjung untuk berwisata. (*)

Halaman:
1 2 3 4

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: