Kunjungan Wisatawan ke Padang Tahun 2023 Tembus Angka 2,855 Juta, Ini Tempat Wisata yang Rugi jika Tak Dikunjungi

Jumat, 05 Januari 2024, 09:30 WIB | Wisata | Kota Padang
Kunjungan Wisatawan ke Padang Tahun 2023 Tembus Angka 2,855 Juta, Ini Tempat Wisata yang...
Kepala Dinas Pariwisata Padang, Yudi Indra Syani. (veri rikiyanto)

Museum Adityawarman

Museum Adityawarman sering dijuluki sebagai Taman Mininya Sumatera Barat. Wisata Padang ini berada di area seluas sekitar 2,6 hektare dengan luas bangunan sekitar 2.855 m2. Di museum Adityawarman terdapat koleksi benda-benda bersejarah baik cagar budaya Minangkabau maupun nasional.

Dari berbagai macam koleksi yang ada di sini, salah satu yang paling ikonik yaitu Rumah Bagonjong atau Banjuang yang memiliki arsitektur khas Minang.

Taman Sitti Nurbaya

Taman Sitti Nurbaya atau juga dikenal sebagai Taman Gunung Padang merupakan taman yang berada di ketinggian bukit dengan pepohonan hijau dan rindang. Taman ini terletak di sebelah barat Kota Padang yang dihubungkan dengan Jembatan Siti Nurbaya. Di taman ini bisa ditemukan setumpukan batu yang dipercaya sebagai makam Sitti Nurbaya.

Miniatur Makkah

Miniatur Makkah Madinah ini berada di Masjid Nur Zikrillah. Masjid ini berlokasi di Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tengah, Padang. Sesuai dengan namanya, Miniatur Makkah di sini merupakan sebuah area Masjid yang dibuat sedemikian rupa mirip dengan kota Makkah di Arab Saudi yang menjadi tujuan haji oleh umat muslim.

Berbagai koleksi satwa seperti unta, ular pyton, dan ikan besar juga dipelihara di tempat ini. Sentuhan wisata rohani, wisata alam dan wisata edukasi bisa didapatkan di satu lokasi.

Kota Tua Padang

Kota Tua Padang ini adalah deretan gedung tua yang usianya hampir mencapai ratusan tahun. Wisata Padang satu ini membentang dari Jalan Muaro, Pasa Mudik, Pasa Gadang, Batang Arau, Pada Tanah Kongsi, hingga wilayah Pondok. Kota Tua Padang cocok dikunjungi bagi kamu yang tertarik dengan sejarah dan budaya.

Wisata Pulau di Padang

Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan berada di sisi barat Pantai Padang dengan luas sekitar 5 hektar. Pasir di Pantai Pulau Pasumpahan berwarna putih, berpadu dengan jernihnya air laut yang berwarna biru sejauh mata memandang. Daya tarik lain yang dimiliki tempat wisata di Padang ini adalah permukaan laut yang seolah terbagi menjadi tiga warna dengan gradasi warna bening, hijau, dan biru jika dilihat dari bibir pantai.

Pulau Sikuai

Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau yang terletak di sisi barat pulau Sumatra. Secara administrasi pemerintahan, pulau ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang.

Pulau ini termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang alami. Sekitar 2.4 Ha dari luas pulau ini telah digunakan sebagai kawasan resort sedangkan sisanya masih berupa kawasan hutan dan pantai.

Pulau Sirandah

Pulau Sirandah adalah sebuah pulau yang termasuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Sirandah berasal dari bahasa Minang yang berarti rendah. Pulau Sirandah merupakan pulau berbukit dengan pantai berpasir putih yang ditumbuhi beberapa jenis pohon tingkat tinggi seperti kelapa, semak dan bakau.

Wisata Air Terjun di Padang

Air Terjun Sarasah

Air Terjun Sarasah merupakan tempat wisata di Padang yang populer. Dahulu, air terjun ini bernama Sarasah Banyak Gariang karena banyak sekali ditemukan Ikan gariang. Air terjun ini memiliki 2 tingkat.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: