4 Monumen Bersejarah yang Tinggal Kenangan di Sumbar, Patut Dilestarikan?

Kamis, 25 Januari 2024, 10:50 WIB | Wisata | Kota Padang
4 Monumen Bersejarah yang Tinggal Kenangan di Sumbar, Patut Dilestarikan?
Monumen Michiels sebagai bangunan termegah di Sumatera dulunya (foto: KILTV)

TAHUKAH kamu bahwa setiap daerah memiliki banyak monumen bersejarah, yang kemungkinan hingga kini sudah tidak adalagi penampakannya.

Begitu pula dengan wilayah Sumatera Barat (Sumbar), yang mana terdapat 4 monumen bersejarah yang hanya tinggal kenangan saja sekarang.

Monumen bersejarah yang kebanyakan berada di Kota Padang tersebut, kini telah hilang karena kemajuan dan perkembangan pesat wilayah terkait.

Meski begitu, masih terdapat jejak yang harus dijemput dari peninggalan jaman kolonial itu sebagai saksi sejarah dan cerita panjang untuk dikenang.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

Berikut informasi lengkap terkait daftar 4 monumen bersejarah yang tinggal kenangan itu, akan Valora News rangkum pada artikel ini berdasarkan postingan kidalnarsis.

4 Monumen Bersejarah Sumbar Tinggal Kenangan

1. Tugu Jam Kampoeng Djawaweg

Jika Jam Gadang di Bukittinggi dikenal sebagai ikon Sumbar, tapi tahu gaksih dulu di Kota Padang juga ada Jam Gadang yang bernama Tugu Jam Kampoeng Djawaweg di akhir abad 19.

Seperti namanya, lokasinya juga berada di kawasan Kampoeng Djawaweg atau Kampung Jawa dengan posisi jaman sekarang ada di Tugu Air Mancur Pasar Raya Padang atau depan Masjid Taqwa.

Baca juga: PILKADA PESSEL: KPU Rekrut 75 Orang Calon PPK

Dulunya di sana juga pernah berdiri kantor Balikota Padang lama, dimana menurut sebuah foto dari situs KILTV bahwa bangungan Tugu Jam Kampoeng Djawaweg lumayan tinggi masa itu.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: