Untung Rp8 Miliar per Bulan dari Bisnis Usaha Ini, Kisah dan Tips Memulainya!

Senin, 18 Desember 2023, 13:01 WIB | Bisnis | Nasional
Untung Rp8 Miliar per Bulan dari Bisnis Usaha Ini, Kisah dan Tips Memulainya!
Ilustrasi Bisnis dengan Usaha Peternakan Ayam (foto: Canva)

JIKA dengan berjualan makanan ringan atau cemilan bisa memberikan penghasilan cepat, tapi cuan yang didapat tidak sebesar bisnis usaha.

Salah satu jenis usaha yang bisa kamu coba dan paling berpotensi yaitu peternakan ayam, seperti penjabaran pengusaha Hary Adam di Ciamis yang berusia 34 tahun.

Ia menjelaskan kisah awal berbisnis hingga tips memulai usaha peternakan ayam pada Youtuber Naik Kelas dengan judul video, "Dari Populasi 2.000 Jadi 400.000 Ekor ! Kini Omzet nya 8 MILIAR perbulan.

Pada artikel ini, Valora News akan menjabarkan informasi terkait cerita dan kisah awal bisnis usaha peternakan ayam dari Hary Adam di Ciamis tersebut beserta tips memulainya agar dapatkan omset Rp8 Miliar per bulan.

Baca juga: Peternak Ayam Keluhkan Kualitas Pakan ke Komisi II DPRD Sumbar, Disnak Keswan: Penuhi SNI sesuai Uji Labor

Sekedar informasi, dalam berbisnis tak ada yang mudah dan tentunya sangat rentan terjadi kerugian. Maka dari itu, baca tulisan ini sampai selesai agar semakin memberimu keyakinan untuk dapat mengelola suatu bisnis ke depannya.

Cerita & Kisah Awal Bisnis dengan Usaha Peternakan Ayam

Awalnya, Hary Adam di Ciamis memang memiliki orang tua peternak juga. Namun ketika ia melanjutkan dengan sistem lebih modern, ia masih mencoba angka kecil dulu yaitu dari 2.000 ekor dan terus berinovasi hingga kini jadi 400 ribu ekor.

Bahkan, dalam perjalanannya tidak mudah karena ia pernah rugi jutaan sampai miliar. Memang waktu itu kecewa, ujarnya namun tak boleh berlarut-larut dan menyalahkan keadaan. Dari sana lah, ia dapat banyak pembelajaran hidup.

Dibalik kegagalan, ia bisa tentukan teknik lagi dan mulai ubah pola bisnis. Kisahnya, dimulai dari mencoba teknik closed house tahun 2016 sampai saat ini sudah 8 tahun. "Dulu teknik itu sudah viral sejak 2012 & 2013," jelasnya kepada Youtuber Naik Kelas.

Baca juga: Warga Subarangparit Demo Pengusaha Ayam Gara-gara Langau

Akhirnya dari pertukaran metode tahun 2015 ke 2016, ia menemukan banyak tahapan untuk terus bertahan dalam mengembangkan bisnis yaitu dengan beradaptasi melalui pola pikir baru. Salah satunya dalam menemukan pengelolaan closed house, yang dipakainya hingga saat ini.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: